Monday, August 26, 2019

Banyak Cerita Menarik dari Rampak Jampang 2 - Sukabumi Jawa Barat

Rampak Jampang 2 Merupakan kegiatan tahunan yang di selenggarakan oleh berbagai komunitas, UMKM dan Kuliner di Daerah Pajampangan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat ( Sukabumi Selatan ). Kegiatan ini memiliki banyak sekali menapilkan beberapa pameran, atraksi, sampai pemilihan Jaka Dara Pajampangan 2019 ( Pageant Contest ) sebagai agen atau duta tentang pajampangan.



Untuk tahun ini di selenggarakan pada tanggal 23 - 25 Agustus 2019, bertempat di samping terminal Situhiang Jampang Kulon. Acara di selenggarakan mulai dari pagi hinggal malam. apa saja keseruan yang saya lihat disana mari kita cek/simak berikut ini :

1. Puluhan Penampilan Kesenian Tradisional 

Jampang merupakan sebuah daerah dengan akar kebudayaan sunda, dengan banyak kecamatan sehingga untuk urusan kesenian traditional sangat banyak, mulai dari tarian - tarian, nyanyi - nyanyian hingga sebuah seni pertunjukan pencak silat khas.



2. Puluhan Tenan Makanan Untuk Jajan 

Selain penampilan kesenian dan kebudayan yang menjadi unggulan dalam acara ini, jangan lupa kalau lapar dan haus kita harus kemana ? betul sekali berbagai tenant makanan yang ada di rampak jampang 2 ini sangat beragam, mulai dari makanan sederhana sampai makanan berat, dan rasanya enak - enak asli. Yang menjadi makanan favorit kali ini adalah Tenan Telur Gulung ( CizzEgg ) dengan antrian yang panjang sampai penjaga tenant tidak sempat untuk beristirahat.



Apabila kalian kangen dengan cita rasa terlur gulung yang memang enak dan unik ini, Stand Cizzegg Buka setiap hari di beberapa lokasi :
1. Alfamart Cinagen Jampang Kulon ( Buka Pukul 14.00 - 22.00 )
2. Alfamart Surade Wetan ( Buka Pukul 14.00 - 22.00 )
3. Kedai CizzEgg ( Buka Pukul 10.00 - 22.00 ) , Di kedai Cizzegg ini selain telur gulung ini, banyak sekali menu yang menyenangkan, yang dapat memenuhi hasrat perut kalian, penasaran ? Baca (https://www.bubuh.id/2019/07/kedai-cizzegg-nongkrong-asik-di-surade-sukabumi-tempat-makan-dan-ngopi.html )
3. Produk - produk Lokal dan Khas Pajampangan
Dalam urusan produk atau ikon tentang pajampangan baru - baru ini para pemuda disana berusaha membangkitkan kembali apa yang bisa diingat dari jampang ini, mulai dari merchandise, sablon yang unik, hingga perlombaan permainan tradisional yang akhir - akhir ini mulai agak dilupakan.


a). Teluh Jampang
Bermula dari istilah teluh atau santet jampang yang amat menyeramkan, seorang pemuda asli jampang, membuat sebuah gebrakan keren dengan mengubah sebuah stigma menyeramkan tersebut kedalam sebuah merchandise asli pajampangan, berupa Distro Baju, mulai dari Kaos, Jaket Topi dll. Dan Kata Teluh Sendiri di ubah namanya menjadi : Tetekon Leluhur Jampang, Begitu katanya :D


Teluh Jampang juga turut berkontribusi dengan pembuatan berbagai konten di kanal - kanal media sosial sebut saja Youtube, Instagram, Facebook dan lain sebagainya dengan konsep yang terbilang unik, mengekplorasi keindahan alam, menggali potensi bakat untuk model dan videografi, dan ada juga untuk santai - santai seperti heurey ala Teluh Jampang Vlog.


b). Victorious Industri
Setelah beberapa bulan yang lalu kita ngaliwet di cikaso ( baca : https://www.bubuh.id/2019/07/cikaso-fun-river-sungai-tenang-dan-seru-sukabumi-jampang-curug.html ) kali ini buka stand juga di Acara Rampak Jampang 2 ini, Salah satu sablon terbaik yang ada di jampang dengan alat yang gampang di gunakan. Kalian bisa mencetak merchandise sablon Rampak Jampang 2 disini.





c). Kopi Jampang 
Kopi yang dikembangkan oleh @letscoffeesurade hadir dengan stand menarik dan ingin berlama - lama, bisa nyantai dengan segelas Kopi V60 Arabica Kopi Jampang di tengah gemuruh nya angin yang sangat besar.



Kopi jampang sendiri tidak sekali membuka stand atau pameran pada saat ada acara - acara, satu tahun kebelakang, pada acara CGF 2018 ( Ciletuh Geofest 2018 ) juga ikut serta meramaikan perkopian di kawasan Ciletuh. ( baca : https://www.bubuh.id/2018/10/kopi-seikhlasnya-ala-lets-coffee-surade-kopi-jampang-sukabumi.html ).
Untuk kedai nya sendiri, Lets Coffe Surade Beralamat di Jl. Surade No. 47 Surade Sukabumi, Sebelum Bundaran Surade.


4. Beberapa Perlombaan
Banyak sekali perlombaan yang dilombakan dalam ajang Rampak Jampang 2 Kali ini :

a. Lomba Modifikasi Motor 



Lomba ini diikuti oleh berbagai kalangan yang suka akan dengan modifikasi motor, mulai dari motor dengan motor kecil sampai motor besar.

b. Lomba Pembacaan Sajak 


Lomba pembacaan sajak dengan tema pajampangan ini diikuti oleh berbagai pelajar yang ada di kawasan pajampangan.

c. Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan 2019 

Pasanggiri Jaka Dara Pajampangan ini menarik untuk disimak dengan peserta dari berbagai kecamatan, dengan mengirimkan perwakilan putra - putri terbaik nya untuk unjuk gigi dan ikut serta dalam acara ini.


Pasanggiri Ini di menangkan oleh Jaka dari Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi, dan Dara dari kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi.



d. Lomba Mewarnai 
Lomba mewarnai yang diikuti oleh berbagai macam perwakilan sekolah Taman Kanak - Kanak ( TK ) PAUD dll yang ada se jampang.



5. Vertical Rescue Indonesia 
Karena landscape pajampangan yang membentang di selatan ini banyak sekali tebing, air terjun, bukit - bukit yang indah, tidak salah nya kalau berlatih memanjat di Vertical Rescue Indonesia. Kekuatan tangan dan kaki kalian ditantang agar bisa seimbang dengan memanjat. 
Banyak peserta yang ikut dalam Tantangan ini, mulai dari anak - anak sampai dewasa.



6. Hiburan Malam
Hiburan malam minggu yang asik ini juga menampilkan Band Indie Asli Pajampangan yaitu ombak Reggae dengan irama lagu - lagu yang menghentak, menghangatkan suasana dingin nya malam oleh deburan angin yang kencang.



Rampak Jampang 2019 ini terselenggara berkat adanya kerjasama dan berbagai pihak sponsor pendukung acara dengan antusias yang luar biasa. Kelewat event keren ini ? Tenang nanti tahun 2020 Rampak Jampang 3 akan di selenggarakan di Kecamatan Kalibunder. lebih kurang dengan tema yang sama. 

See You Next Time.




2 comments:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search