Sunday, May 12, 2019

10 Destinasi Wisata Di sukabumi Untuk Libur Lebaran 2019 - Versi Genpi Sukabumi & Trip Advisor



Sukabumi terkenal dengan pariwisata yang luas, dengan keunikan budaya landscape alam dan fasilitas pariwisata yang lengkap.
Di lansir dari Instagram @genpisukabumi ( Generasi Pesona Indonesia ) Sukabumi berikut 10 bucket list Tempat - tempat keren untuk mengisi wisata akhir pekan atau libur lebaran melepas kepenatan untuk mencari ketenangan dan kebahagian di sukabumi.

1. Kampung Adat Ciptagelar 

Salah satu yang masuk ke kawasan CPUGG dalam hal geo-culture ini adalah sebuah desa yang di dipimpin oleh sebuah kasepuhan, bernama kasepuhan ciptagelar yang tergabung kedalam perkumpulan kampung adat banten kidul, lokasi nya sendiri berada di kaki gunung halimun Sukabumi, Tepatnya di Cisolok Sukabumi.


Selain tempat yang sejuk juga dengan keunikan kultur masyarakat yang masih memegang adat istiadat leluhur ± 400 Tahun lalu sejak didirikan nya oleh leluhur sebelumnya. Sangat menghormati pangan khusus nya padi menjadikan kawasan dengan salah satu swasemba padi terbesar disukabumi, bahkan untuk satu kali panen bisa mencukupi pangan masyarakat sampai 3 tahun kedepan, karena adat disini tidak memperjualbelikan padi.
Sealin itu dari sisi lingkungan juga sangat ramah lingkungan, seperti menggunakan pembangkit listrik tenaga micro hydro dengan memanfaatkan aliran sungai.
Jangan salah disini teknologi sangat canggih sekali salah satunya ada nya CIGATV, atau jaringan televisi lokal yang menampilkan kehidupan kampung adat sehari - hari. Penasaran kan ? Cocok untuk menghabiskan liburan disini dengan tujuan untuk melihat pemandangan alam yang luar biasa dan suasana yang sejuk.

2. Situs Tugu Gede Cengkuk

Tugu Gede cengkuk merupakan salah satu peninggalan purbakala yang masuk kedalam cagar budaya dan status nya dilindungi, Situs Tugu Gede terletak di Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak, tepatnya pada  ketinggian rata-rata sekitar ± 468 – 500 meter di atas permukaan air laut. Lokasi situs Tugu Gede terletak di lembah. Tempat ini dikelilingi oleh Gunung Halimun.
Terdapat beberapa artefak peninggalan sejarah dalam era megalitikum beberapa ribu tahun yang lalu, dengan artefak tersebut kita bisa melihat dan mempelajari apa saja budaya jaman dahulu yang leluhur kita lakukan.
Menhir Tugu Gede, Situs Tugu Cengkuk, Sumber : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/situs-tugu-gede-sukabumi/
 Sangat cocok untuk yang suka sejarah untuk mengunjungi tempat ini, selain dengan alam yang sejuk dan banyak belajar mengenai geologi budaya zaman purbakala.
3. Goa Buni Ayu

Mengintip keindahan alam sukabumi tidak hanya dari permukaan, dari dalam perut bumi pun bisa sangat mungkin untuk menjelajah keindahan kawasan Goa Buni ayu yang eksotis dengan terusan beberapa gua ini.

Goa ini sebelumnya dikelola dan melalui pengawasan Perhutani. Namun sekarang sudah ada operator swasta yang secara profesional mengelola wisata goa ini. Hingga saat ini terdapat beberapa goa yang berada di areal Goa Buniayu telah berhasil dipetakan, di antaranya Goa Cipicung (panjang 3.300 meter), Goa Bibijilan (panjang 717 meter), Goa Adni (panjang 635 meter), Goa Nyangkut (panjang 390 meter), Kubang Lanang (panjang 302 meter), Goa Tanpa Nama (panjang 400 meter), Goa Karsim, Goa Bisoro, Goa Idin, Goa Gede, dan Goa Kole.

Foto dari artikelsukabumi.blogspot.com 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menelusuri Goa Buniayu", https://travel.kompas.com/read/2013/12/24/1710107/Menelusuri.Goa.Buniayu. 

Bagi para pencinta Caving, Goa ini sangat cocok dengan suasana alam sekitar yang sejuk dan segar di kelilingi beberapa pohon - pohon karena berada di dataran tinggi tepatnya berada Nyalindung sukabumi, sekalin juga kalau kesini jangan lupa juga berkunjung untuk menikmati kesegaran curug bibijilan yang nyatanya nyegerin.




4. Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan sebuah kawah yang berada di Gunung Salak yang termasuk juga kedalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kawah ini berada pada ketinggian 1437 Mdpl, menjadika sebagai tempat latihan mendaki para pendaki pemula.
Keunikan yang menjadi daya tarik kawah ratu ini di lansir dari www.nativeindonesia.com adalah kawasan ini terletak di aliran sungai Cikuwulung yang melintas kurang lebih 1 km. Inilah yang membedakan antara Kawah Ratu dengan kawah yang lainnya dan bisa dibilang menjadi keunikan dari kawah ratu. Bila, sobat native lihat dari kejauhan, aliran sungai ini berwarna biru tosca.

Tetapi, jangan terkejut saat sobat native mendekat ke kawasan ini. Dimana, warna kuning akan tampak terlihat di dasar sungai. Warna inilah yang merupakan endapan belerang. Bila berkunjung ke kawasan ini, disarankan sobat native untuk membawa masker yang mampu menutupi bau belerang. Karena, bau yang sangat menyengat ini tidak terlalu baik bagi tubuh.


Penasaran dengan daya tarik dan keanggunan kawah ratu ini, kuy untuk para sobat petualang tidak salah nya menghabiskan liburan disini.

5. Curug Awang Ciletuh - Palabuhanratu Unesco Global Geopark

Curug awang adalah curug atau air terjun yang terbesar di kawasan Ciletuh - Palabuhanratu Unesco Global Geopark, Curug yang berada di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi ini juga merupakan salah satu dari beberapa curug yang populer di kawasan ciletuh geopark, disamping curug Cimarinjung, Curug Sodong, Cikanteh dan Cimarinjung.
Bahkan mendapat julukan mini niagara from shoutern sukabumi tapi memiliki ciri khas air nya keruh, seperti halnya penamaan kata ciletuh sendiri berarti air yang keruh.

Fasilitas di Curug Awang ini juga sudah sangat memadai untuk memfasilitasi liburan kita, seperti adanya tempat parkir, Toilet dan Saung untuk berhenti sejenak sambil melihat pemandangan sawah yang indah sebelum sampai ke Curug/Air Terjun.


Bagi yang senang dengan air terjun tidak salah untuk mengunjungi tempat ini dan menjadi tempat ngadem disini.

Another Ciletuh Stories,



6. Curug Cikaso


Curug yang berada di Kecamatan Cibitung ini sudah menjadi tempat wisata dari beberapa tahun yang lalu,  Keunikan tersendiri adalah kalian bisa naik speedboat ke curug ini dengan pengalaman dan pemadangan yang indah di perjalanan nya. Karakeristik curug nya berlumut hijau dan di kelilingi pohon yang rindang, 
ketika memasuki kawasan curug bunyi air terjun yang khas akan membuat kita tenang dengan aing dan ciptratan air yang segar.
Fasilitas yang ada di curug ini juga terbilang lengkap, mulai dari rumah makan, toilet, dan tempat untuk bersantai menikmati air terjun.


jadi tunggu apalagi kita mendapatkan sebuah pengalaman baru dengan menaiki sebuah speedboat dan kesegaran khas dari curug ini, sangat cocok untuk mengisi akhir pekan dan libur lebaran.

7. Taman Nasional Gunung Halimun Salak ( TNGHS )


Taman nasioanl gunung halimun salak merupakan sebuah taman nasional yang terletak di jawa barat, beberapa yang masuk ke kawasan di antaranya, Kawah Ratu, Pendakian Gunung Halimun Salak, dan beberapa ratus beragam jenis Flora dan Fauna dan berapa kawasan kesatuan adat banten kidul di kawasan ini. 
Dilansir dari wikipedia  Topografi wilayah ini berbukit-bukit dan bergunung-gunung, pada kisaran ketinggian antara 500–2.211 m dpl. Puncak-puncaknya di antaranya adalah G. Halimun Utara (1.929 m), G. Ciawitali (1.530 m), G. Kencana (1.831 m), G. Botol (1.850 m), G. Sanggabuana (1.920 m), G. Kendeng Selatan (1.680 m), G. Halimun Selatan (1.758 m), G. Endut (timur) (1.471 m), G. Sumbul (1.926 m), dan G. Salak (puncak 1 dengan ketinggian 2.211 m, dan puncak 2 setinggi 2.180 m).Jajaran puncak gunung ini acapkali diselimuti kabut (Sd. halimun), maka dinamai demikian.
Sangat cocok untuk menjelajahi alam di TNGHS ini, untuk para petualang yang suka akan petualangan alam yang seru tidak sahalnya TNGHS menjadi salah satu bucket list yang menarik untuk di kunjungi.


8. Situgunung 

Danau yang merupakan buatan beberapa puluh tahun yang lalu ini selalu menjadi spot menarik bagi mereka yang senang dengan fotografi, dengan suasana di tengah alam terbuka hijau dengan di kelilingi pohon yang tinggi sehingga menghasilkan roll cahaya mentari pagi yang indah dan kabut dari uap air danau yang membuat mata dan pikiran menjadi tenang dan segar, dan kalau ke danau ini, kalian tidak boleh terlalu siang aku sarankan pukul 05 - 07 pagi :) untuk mendapatkan mood terbaik dari sini.

Selain danau juga kalian pasti sudah tahu dengan adanya jembatan gantung terpanjang se Asia Tenggara Situgunung Suspension bridge yang akhir - akhir ini menjadi pusat perhatian para traveler baik lokal maupun mancanegara. ( baca juga : https://www.bubuh.id/2019/05/situgunung-keseruan-glamping-sukabumi-jembatan-danau.html ) 


Fasilitas di kawasan situgunung yang kelola oleh Taman Nasional gunung gede pangrango ini terbilang sangat lengkap, mulai dari penginapan ( glamping ), wisata kekinian ( situgunung Suspension Bridge ), toilet yang bersih dan pemandangan alam yang super indah. #hayukesitugunung #ayokesitugunung


9. Pantai Ujunggenteng


Sudah tidak usah di ragukan lagi memang untuk pantai yang menjadi kebanggaan Sukabumi ini, banyak sekali yang bisa kita jelajahi disini, mulai dari Pantai dengan pasir yang lembut dan putih di penangkaran penyu menikmari sunset terbaik di pantai muara cipanarikan cibuaya dll.

Untuk fasilitas yang di tawarkan di pantai ujunggenteng ini terbilang lengkap, mulai dari homestay yang terjangkai hingga hotel yang sangat nyaman, jadi tunggu apalagi, hayu ke ujunggenteng, oh iya kalau ada rombongan yang ingin mengeksplorasi keindahan pantai selatan -> @ugtourism !


tan ini tidak salah nya saya punya kenalan yang siap mengantar kan kalian untuk mencari petualangan yang menarik dan extraordinary dari sekedar pantai di ujunggenteng,
Baca Juga : https://www.bubuh.id/2018/03/perjalanan-menelusuri-pantai-ujunggenteng-jampang.html

10. Pemandian Air Panas Cikundul


Salah satu destinasi menarik di Kota Sukabumi. Spot atau destinasi utama di kawasan wisata ini adalah berupa kolam air panas, kolam air panas ini adalah langsung dari mata air vulkanik alami di samping sungai cimandiri kota sukabumi. kita juga bisa memilih ada beberapa macam fasilitas kolam air panas ini, yaitu yang pertama kita bisa langsung ikut bersama orang lain berendam di kolam renang air panas umum yang menjadi pilihan saya kalau ke sini, karena bisa sambil bersantai dan mengobrol dengan rekan atau sahabat sembari menikmati berendam di kolam air panas ini, kemudian yang kedua, berupa kamar - kamar, yang di dalam nya masuk untuk sekitar 4 orang dan tertutup, jadi ini adalah tempat mandi / kolam tertutup yang berada di kawasan wisata cikundul. 
Berikut pengalaman menungjungi Pemandian Air Panas Cikundul dalam Vlog Tahun 2017 yang sudah saya abadikan.

Data ini merupakan pilihan dari @genpisukabumi yang bekerja sama dengan TripAdvisor, beberapa tempat wisata di sukabumi yang cocok menjadi 10 bucket list you have to visit this year


2 comments:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search