Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark - Geopark di jawa barat sukabumi - Pesona Indonesia

Namanya adalah Ciletuh Geopark atau sekarang Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark!
ok karena kegabutan yang melanda dan sepintas teringat perjalanan yang lumayan seru ke kawasan ini meskipun hanya jalan - jalan sendiri waktu itu, tapi setidak nya merupakan pengalaman yang berbeda ketika melakukan solo tour pertama kali tidak tau jalan dan hanya bermodal google maps dan tanya sana sini :) 

Puncak Darma, CPUGG 


Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark adalah Geopark yang barusaja di resmikan menjadi Global Geopark oleh Unesco dengan sebelumnya dilakukan penilaian oleh tim asesor unesco, meninjau langsung kawasan ini. Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark tersebar di beberapa kecamatan di kawasan selatan Kab. Sukabumi, membentang dari palabuhanratu sampai ujunggenteng.

Keragaman yang ditawarkan di lokasi ini adalah keindahan Curug / Air Terjun yang tersebar dimana - mana, kalian tidak akan kesulitan mencari tahu lokasinya, karena papan informasi sudah tertata rapi, jadi jangan takut tersesat.

Perjalanan saya mulai dengan menggunakan Sepeda Motor dari palabuhanratu, mengambil jalur baru loji untuk test drive, selama di perjalanan di jalan loji ini kita akan di suguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan, karena jalan yang kita lewati ini adalah garis pantai, dengan leluasa bisa melihat indahnya laut palabuhanratu, selain pantai, kita juga akan disuguhkan oleh pemandangan pegunungan yang indah, jalan meunuju kawasan sangat bagus dan mulus, namun jalan yang berkelok - kelok, sehingga membutuhkan konsentrasi saat berkendara.

Jalan jalur baru loji
Jembatan Cisaar, perjalanan meunuju Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark


Gerbang utama CPUGG apabila mengambil jalur loji adalah langsung Puncak Darma, puncak yang selalu diistilahkan sebagai Megaamphitheater ini, karena bentuknya seperti teater alam yang luas, disini kita akan disuguhkan pemandangan pedesaan di kawasan CPUGG, O iya, untuk teman - teman yang ingin camping, bisa juga dilokasi ini.

Panorama Kawasan Ciletuh Geopark dari puncak darma




Panorama kawasan Cileuh Geopark dari puncak darma yang menghadap ke samudra hindia


Setelah turun dari puncak darma kalian akan melewati satu dari beberapa curug, yaitu curug cimarinjung, salah satu curug yang nge hits di kawasan. 

setelah puas dengan curug, kalian akan melewati pantai Palangpang, kemudian berputar menuju curug sodong atau curug sajodo, apabila kalian memiliki waktu luang, dari curug sodong bisa langsung naik ke bagian atas nya untuk melihat curug Cikanteh.

Curug Cimarinjung
Pantai Palangpang
Curug Sodong atau Curug Sajodoh, karena

Curug Cimarinjung dilihat dari sudut pandang pesawahan 

Setelah pulang dari curug ini, saya langsung nge gas pulang mengambil arah ke surade, disini juga akan kita lewati beberapa curug, yaitu curug awang dan puncak manik, sayang nya untuk 2 curug ini tidak sempat mampir, karena di kejar - kejar waktu untuk sampai di surade tepat waktu. untuk kedua curug ini dari pinggir jalan akan sangat membutuhkan waktu tempuh, karena masuk ke dalam lagi.

kemudian terakhir adalah bukit panenjoan, bukit yang sangat indah dan langsung menghadap ke kawasan CPUGG, apabila kita mengambil arah dari surade Gerbang Pertama CPUGG adalah bukit panenjoan, namun sebaliknya, apabila kita mengambil arah pantai loji, gerbang pertama adalah Puncak Darma.

Note :
- Jangan pergi sendirian seperti saya, karena berat !
- Tidak di sarankan menggunakan kendaraan besar melewati jalur loji, maksimal menggunakan jenis mvp untuk kedaerah ini apalagi mobil dogong :( , 
- jangan sungkan bertanya ke masyarakat sekitar
- Jangan takut tidak ada tempat menginap, karena banyak sekali Homestay - homestay sampai penginapan - penginapan yang berjejer sepanjang kawasan dengan nama homestay nama warga tersebut.
Silahkan tambahkan di komentar pengalaman lainnya... next trip harus ada yang ngajakin niii biar gak sendirian :( kan sedih !
Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark - Geopark di jawa barat sukabumi - Pesona Indonesia Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark - Geopark di jawa barat sukabumi - Pesona Indonesia Reviewed by Bubuh Bukhori on September 18, 2018 Rating: 5

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Ia unchh sekali .. nanti kapan2 main nya abreng2 an yaah aku takut sendirian .. takut di culik

      Hapus
  2. Balasan
    1. haahahh siap suhu traveling .... aku mah pas kamu traveling pas jadwal nguda wae :'( kan sedih ....

      Hapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Diberdayakan oleh Blogger.