Beberapa Wisata yang menarik ketika musim hujan di sukabumi - Kawasan Situgunung sampai Ciletuh

Sukabumi kaya akan kekayaan alamnya, berikut beberapa destinasi yang ada di Sukbumi yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di musim hujan seperti ini,   yuk intip ada apa saja ?

Sukabumi adalah surga wisata alam yang tidak terbatas, dari pesisir pantai, hingga gunung pun bisa menjadi pilihan terbaik dengan gunung gede pangrango nya.

1. Kawasan Situgunung 



Ketika musim hujan tiba, tempat wisata di sukabumi yang tidak jauh dari pusat kota yang pertama adalah Kawasan Situgunung, seiring berjalannya waktu, kawasan ini sudah banyak berkembang, selain danau buatan zaman kolonial di kaki gunung yang cantik ( Danau Situ Gunung ) terdapat beberapa spot yang bisa di explorasi, apa saja ?

a. Situgunung Suspension Bridge 

Jembatan Situgunungsuspension Bridge
Sebuah jembatan yang sudah terkenal kemana mana dengan integrasi beberapa paket wisata, kalian bisa menikmati kenyamanan situgunung disini dengan glamping situgunung dengan beberapa tipe yang bisa di sesuaikan dengan budget, atau kalau hanya ingin explorasi jembatan nya saja, bisa banget, selain itu kalian bisa melihat juga Air Tejun Sawer ( Cinumpang ) yang berada di kawasan, dan apabila ada budget lebih kalian bisa menjelajahi Air Terjun Lembah Purba yang lumayan menantang track nya.

Curug Sawer, Ciumpang Kadudampit Sukabumi


b. Tanakita Camp Ground

Suasana setelah hujan rakata 


Selain Situgunung Suspension Bridge, Tanakita Camp Ground juga bisa menjadi alternarif pilihan yang menarik dengan menawarkan suasana lebih dekat dengan alam, team building, atau hanya sekedar ingin menginap di alam terbuka dengan fasilitas yang memadai.

c. Danau Situgunung 



Danau situgunung adalah berupa danau buatan ketika zaman kolonial, disini dibentuklah danau yang berada tepat di kaki gunung gede pangrango, menikmati danau ini cukup dengan melakukan jalan - jalan sepagi mungkin, kalian akan merasakan kelembutan dan keindahan matahari yang perlahan muncul memecah bayangan pepohonan. Selain menjadi tempat wisata, danau ini juga sering dijadikan tempat memancing warga sekitar.  

2. Kawasan Ciletuh Palabuhan Ratu Unesco Global Geopark

Kawasan ini ketika musim hujan akan menampakan keindahan dengan menampilkan kemegahan air terjun dan warna hijau yang terhampar di kawasan. Tapi ketika intentitas hujan yang tinggi harus selalu berhati - hati juga mengingat jalur yang curam, kadang terjadi longsor kecil atau jalanan amblas karena kontur jalan yang memang lumayan berkelok ( Khusus Jalur Loji ) ataupun pepohonan tumbang ( Kalau ada badai ), ketika ingin bermain ke daerah ini selalu perhatikan Aplikasi prakiraan cuaca untuk memperkirakan agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan ! ada apa aja sih yang bisa kalian liat ketika hujan disini ? beberpa air terjun sedang menampakan keindahan nya dengan volume nya yang besar , 

a. Curug Cimarinjung 



Air terjun yang menjadi ikonik ini adalah air terjun yang sangat gampang sekali di jangkau, ketika sudah menuruni puncak darma maka kendaraan akan langsung masuk untuk parkir di kawasan ini, berjalan lebih kurang 1 menit akan sampai di air terjun ini. Air terjun ini terkenal karena view dari pesawahan dan laut yang menampakan betapa kayanya keindahan di ciletuh, Ketika deras warna air terjun akan berubah menjadi cokelat, karena memang sumber air di hampir semua air terjun ini berasal dari beberapa sungai yang bermuara di teluk ciletuh ( tapal kuda ).

b. Curug Sodong dan Cikanteh 

Curug sodong dan cikanteh juga menjadi sebuah destinasi yang gampang di akses oleh kendaraan, langsung parkir kalian akan disuguhkan oleh keindahan air terjun ini, dengan 2 undakan betapa megahnya curug ini,  selain itu ada sodong atau goa yang menambah estetis air terjun ini, tentunya dengan 2 aliran yang mengalir kebawah makanya banyak orang juga menyebutnya sebagai air terjun kembar.


Akses ke curug cikanteh memang terbilang agak tracking dengan tracking dari cuurg sodong lebih kurang 10 menit, akan sampai disini, ketika air sedang besar jangan terlalu memaksakan, karena kita akan melewati jembatan bambu yang melewati derasnya aliran air. 

c. Curug Awang 



Apabila ada yang suka dengan tracking kendaraan yang agak offroad atau suka memaksakan kendaraan cupu seperti saya memasukin jalan yang agak licin dan berbatu, kawasan curug awang ( air terjun awang ) bisa jadi pilihan, disebut juga sebagai Niagara Sukabumi, bedanya dengan warna air yang keruh.

c. Meyaksikan studio alam dari Bukit Panenjoan 

Bukit panenjoan bisa menjadi alternatif melihat hijaunya pemandangan kawasan ciletuh, akan terlihat hamparan pesawahan dan rumah warga sampai ke pantai palangpang di campur dengan kabut setelah hujan.

View panenjoan, desa tamanjaya ciemas

d. Curug Luhur Cigangsa


Air terjun yang berada di kawasan kecamatan surade ini, tepatnya di kampung batusuhunan surade, menjadi salah satu spot air terjun yang harus dinikmati ketika musim hujan, tapi agar selalu berhati - hati karena track yang menurun dan licin. serta kita akan sampai di undakan pertama.

e. Puncak Dharma


dari puncak darma kita akan melihat hamparan kawasan ciletuh dan penampakan studio alam yang menghadap ke laut, dengan campuran warna hijau pesawahan dan muara yang kecoklatan, karena FYI, ciletuh itu berasal dari bahasa sunda yang artinya ci=air dan letuh = keruh jadi tidak heran kalau ketika musim hujan air terjun dan muara akan berwarna cokelat.

3. Air Terjun Bibijian Nyalindung Sukabumi




tidak jauh dari pusat kota sukabumi, ditempuh dengan kendaraan lebih kurang 1 jam perjalanan, kalian akan menikmati berapa indahnya air terjun yang berada di dataran tinggi dengan air yang tidak terlalu keruh tapi lebih ke menyegarkan : baca juga : https://www.bubuh.id/2020/09/curug-bibijilan-nyalindung-sukabumi-buniayu.html

4. Kota Sukabumi


kota Sukabumi banyak sekali kuliner yang bisa membuat kalian kalap, ketika musim hujan seneng nya makan dong ya ? ada beberapa rekomendasi yang bisa kalian coba makan kalau ke sukabumi ketika musim hujan :

a. Bubur Ayam : mulai dari bubur ayam bunut, odeon, mesjid agung dll dengan citarasa oriental bubur ayam dengan potongan ayam beserta topping sayur yang bisa kalap banget kalo makan ini.

b. Makanan Berkuah : banyak makanan berkuah yang berjejer, saya merekomendasikan Soto Mang Ece dengan berbagai macam menunya tidak hanya soto saja, sop ibu abel dan sop ayam rumah makan ibu bunut yang menurut saya menjadi signature sukabumi.

c. Aneka Bakso : nah ini juga bisa jadi pilihan, bakso sukabumi yang khas diantaranya Bakso Super HAS H Sujai yang berada di jalan Juanda, Bakso Mang dedi yang ada di kebonjati

Terima kasih sudah berkunjung, kalau berkunjung berwisata mohon untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat wisata :) 

No comments

Powered by Blogger.