Curug Bibijilan Nyalindung Sukabumi - Air Terjun cantik tersembunyi di tengah hutan pinus


Curug Bibijilan Nyalindung Sukabumi
Undakan Ke empat Curug Bibijilan, kadang di sebut juga sebagai curug dadali.


Curug bibijilan adalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di sukabumi, lokasi nya ada di kecamatan nyalindung sukabumi. hanya dengan sekitar 45 menit perjalanan anda sudah dapat melihat dan menikmati air terjun yang banyak sekali spotnya ini. Sebelum ramai pengunjung datang kesini, air terjun ini sering di pakai untuk wahana shower climbing setelah caving dari goa buniayu.

Apa saja yang seru dari air terjun ini :

Tidak jauh dari pusat kota

Hanya berjarak 27 KM sudah sampai ke lokasi melalui rute Jl. Baros -Nyalindung. 


Fasilitas

fasilitas yang tersedia di kawasan ini juga lumayan lengkap, ada warung untuk mengisi perut kalian yang kelaparan selama di jalan, dan toilet, tempat sampah juga ada disini tapi kadang ada sebagian oknum pengunjung yang suka aja buang sampah sembarangan.


Ambience / Suasana


Yang Kalian bisa dapatkan di lokasi ini adalah 

- Indahnya hutan pinus yang mengelilingi lokasi ini sehingga terasa suasana sejuk yang dirasakan, selain ini kenapa bisa sejuk karena air terjun ini berada di dataran sedang-tinggi sehingga kalian akan mendapatkan udara yang sejuk dan segar.


- Undakan Air Terjun

Air terjun bibijilan ini terbilang unik dan panjang sekali berundak.

Undakan pertama merupakan penampungan air untuk sanitasi warga, sangat tidak disarankan untuk mandi disini. sistem pengarian nya sendiri menggunakan pompa mekanik menggunakan arus air terjun, 

Undakan pertama curug bibijilan untuk kebutuhan air warga

Undakan kedua merupakan air terjun dengan ketinggian sedang, ketika berada di bawahnya kalian akan merasakan kesegaran cipratan air terjun undakan pertama ini, disini kalian bebas bermain air. di bawanya ada kolam yang bisa kalian gunakan untuk mandi, sering sekali terlihat pengunjung yang berenang disini.

Undakan ke dua curug bibijilan

Undakan ke dua curug bibijilan


Undakan ketiga, konon di sebut air terjun dadali tidak tahu alasan nya mengapa, disini kalian akan melihat keindahan air terjun dengan karakteristik air yang mengalir melalui bebatuan yang cenderung membulat, ketika disini disarankan untuk berhati - hati, karena batunya yang licin dan merupakan tebing air terjun ke undakan berikutnya.

Undakan ke tiga, Foto oleh @balnyes


Undakan keempat, undakan yang sama penyebutannya dengan undakan ketiga tetapi ada sebagian warga menyebutnya air terjun siluman, kenapa ? karena merupakan jalan keluarnya Gua buniayu yang biasa di sebut gua siluman untuk aktivitas caving, hampir sama karakteristiknya dengan undakan ketiga dengan sedikit perbedaan ketinggian yang lebih tinggi.

Air_Terjun_Curug_Bibijilan_nyalindung_sukabumi
Curug Dadali, Foto oleh @balnyes inframe : @sibubuh

Undakan kelima, dibawah undakan keempat ternyata masih berlanjut disini ada air terjun yang agak pendek dan di bawah nya kolam yang terbentuk oleh air terjun ini. 

https://www.instagram.com/sibubuh
Foto oleh @balnyes, inframe @sibubuh, foto undakan kelima 


Undakan terakhir, ini adalah akhir dari curug bibijilan ini, dengan karakteristik yang hampir sama dengan undakan kelima.

jadi air terjun bibijilan ini memiliki karakteristik batuan kapur dengan catatan tidak licin apabila kalian menggunakan alas kaki berbahan karet yang basah dan Nyeker (tidak menggunakan alas kaki).

Do :

1. Membawa keceriaan bersama jangan banyak ngelamun di hutan nanti kesambet.
2. Sediakan uang tunai untuk membayar tiket, uang parkir dan jajan
3. Membawa kamera ataupun ponsel pintar untuk mengabadikan momen - momen seru disini.
4. Datang ketika pagi, menikmati tempat yang sejuk seperti ini alangkah baiknya datang sepagi mungkin untuk melihat dan menikmati cahaya matahari pagi yang masuk ke sela - sela pohon.
5. Gunakan sepatu atau sandal outdoor ketika melakukan susur air terjun, karena track nya berupa tanah yang licin apabila terkena air.

Don't :

1. Jangan mandi di kolam undakan pertama, karena ini adalah sumber air untuk sanisati warga sekitar.
2. Jangan membuang sampah sembarangan, karena di atas sudah di sediakan tempat sampah.
3. Jangan merusak pohon, tumbuhan dan tanaman sekitar untuk menjaga kelestarian alam

Curug bibijilan ini bagus ketika debit air besar, sehingga air nya akan terlihat dramatis dan deras.

No comments

Powered by Blogger.