Friday, April 3, 2020

Dalgona Coffee - Fenomena membuat kopi susu rumahan karena dampak dari #dirumahaja

Ketika sekarang sedang pandemik covid-19 banyak sekali hal yang di batasi seperti jalan-jalan, bergandengan tangan sambil jalan ke mall, mall mall besar tutup, kafe - kafe tutup / dibatasi, sekolah di rumahkan, para karyawan di rumahkan ( #workfromhome ), kita sebenarnya harus patuh karena ini menjadi usaha pemerintah dalam pemutusan rantai penyebaran pandemic lebih luas.

ada berbagai macam yang bisa di lakukan, ketika saya contoh nya kangen dengan eskopi susu favorit di salah satu caffee favorit saya di kota sukabumi, sebut saja Seecul coffee bar,  jujur saja kangen tempat nya karena memang menjadi kantor kedua setelah kantor utama, berkumpul sore - sore dengan sahabat sambil ngobrolin sana - sini dan kadang ngerjain project - project gigi emas disini. 

Cara saya menghilangkan rasa kangen itu, karena memang saya sedang mengisolasi diri di tempat yang jauh kurang lebih 60KM dari pusat kota sukabumi, sangat tidak mungkin untuk melakukan jasa pemesanan antar makanan. 

Dalgona Coffee 




Setelah beberapa hari yang lalu instagram story teman - teman saya heboh dengan membuat kopi susu, yang seperti nya enak, namanya Dalgona Coffee, akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya. Dalgona coffee sendiri konon kopi ini berasal dari warga yang Stay At Home saya seperti saya tapi ingin membuat minuman yang enak yang bisa di lakukan sendiri di rumah.

Oke berikut Komposisi dan step Bagaimana cara membuat dalgona coffee menurut saya : 

Alat & Bahan

- 2 Buah sachet Nescafe Coffee Classic atau 2 sendok makan 
  * bisa menggunakan nescafe Gold dll.
- 2 Sendok Makan Gula pasir, bisa diganti juga dengan gula rendah kalori atau brown sugar 
- 2 Sendok makan air panas
- Es Batu 
- Susu putih flat bisa dengan merk merk yang mudah dan tersedia di minimarket
- Gelas 
- Mixer Elektrik ( sebenarnya bisa pake tenaga kinetik atau tangan sendiri dengan metode kocok manual, tapi memang membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk membuatnya, jadi saya memutuskan untuk mengocok nya dengan mixer ) 

Cara Membuat 

- Masukan bahan yang utama yang akan di jadikan foam atau topping minuman ini, 2 Sachet atau 1 sendok makan nescafe classic, gula dan air panas kedalam mangkok atau tempat untuk pengadukan.
- Nyalakan Mixer elektrik dan mulai mengaduk, ini akan mengabiskan waktu sampai 5 menit sampai warna nya berubah kecoklatan dan mengembang.
- Setelah semua mengembang dan kental, kemudian masukan es batu kedalam gelas saji.
- masukan susu sampai 4/5 gelas tersebut.
- dan masukan adonan yang sudah di aduk di atas nya dan selesai. 
- Selamat Mencoba 


Berikut ada video Step by Step nya :


1 comment:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search