Monday, September 2, 2019

Serba - Serbi Seren Taun (Tahun) Kasepuhan Sinar Resmi ke 440 - Sukabumi Jawa Barat

Akhirnya setelah berpikir panjang kesana kemari dan bingung weekend ini mau kemana karena kebagian libur tidak lembur akhirnya memutusukan untuk berangkat ke Event Tahunan yang memang sayang di lewatkan, Yaitu Seren Taun ( Tahun ) ke 440 Kasepuhan Sinar Resmi, Cisolok Kabupaten Sukabumi. 



Sekilas Kasepuhan Sinar resmi 

Kasepuhan Sinaresmi yang berada di desa Sirna Resmi kecamatan cisolok kabupaten sukabumi ini juga merupakan bagian dari Geo Culture Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Sehingga banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke sini, selain ingin mendapatkan atau mempelajari tentang kebudayaan kasepuhan ini juga ingin sekedar "Niis" atau mendinginkan kepala dari segala kepenatan hiruk pikuk perkotaan yang mumet,

Landscape Pesawahan Kampung adat Sinar resmi

Dengan landscape yang berada di lembah membuat kasepuhan ini begitu subur, seperti air yang tidak pernah kering ketika musim kemarau, serta suhu yang masih dingin karena memang berada di ketinggian.


Selain keindahan alam nya yang masih terjaga, juga kasepuhan sinaressmi masih sangat menunjung adat istiadat yang sangat kental, dengan diadakan nya Upaca Seren Taun 440 ini menandakan bahwa upacara syukuran panen ini sudah di selenggarakan selama 440 kali sejak kasepuhan ini berdiri, itu tandanya walaupun banyak gempuran modernisasi dimana - mana, tetapi akan selalu terjaga dengan menjunjung adat istiadat dan budaya leluhur.

Jalur Ke Sinar resmi 

untuk rute yang dugunakan pada perjalanan kali ini dari kota sukabumi - pelabuhan II - masuk ke kecamatan cisolok, dan nanti ada tulisan untuk masuk ke arah cikotok, kalian tidak akan nyasar, karena bisa di cek dengan GPS ataupun papan petunjuk yang tersebar di sepanjang jalan.

Akomodasi dan Makan di Kasepuhan Sinar Resmi

Untuk akomodasi selama di sana, biasanya pengunjung akan tinggal di homestay ( rumah tinggal ) dengan warga lokal, sehingga kita bisa tahu bagaimana kehidupan sehari - hari disana dan juga dengan budaya nya yang masih sangat kental. Untuk makan pun kalian akan di jamu di Homestay masing - masing atau biasanya di Imah gede juga suka disediakan untuk makan. Tapi kalau mau jajan - jajan kopi dll kalian bisa jajan - jajan di warung yang ada disini.

Suasana Dapur Imah Gede Kasepuhan Sinar resmi ketika acara Seren Taun ( tahun )


kalian bisa melihat keseruan dapur di imah gede, dapur nya super gede dengan berbagai tungku tradisional yang ada di sana. melihat ibu - ibu yang memasak membuat kita jadi ikut keroncongan lapar, dengan suasana yang sangat ngangenin pokok nya. dan uniknya cara memasak nasi masih menggunakan cara tradisional dengan tungku dan dandang serta didinginkan dengan cara di akeul.

SEREN TAHUN KAMPUNG ADAT SINAR RESMI 440

Tahun lalu pun saya berhasil mengcapture kegiatan seren tahun yang ke 439 dengan antusiasme yang luar biasa dari wisatawan yang datang maupun keuinkan nya. Baca ( https://www.bubuh.id/2018/07/seren-tahun-kasepuhan-sinarresmi-ke-439-sukabumi-kampung-adat.html ).

Pada tahun kali ini Seren Taun ( Tahun ) Kasepuhan Sinar Resmi juga hampir sama dengan rangkaian kegiatan Seren Taun ( Tahun ) pada umumnya. Dengan beberapa Hiburan - hiburan rakyat yang diselenggarakan setiap malam selama 7 hari sampai acara puncak.





Parade Dogdog Lojor, Rengkong dan Pengurus Kasepuhan





Dengan diiringi oleh ibu - ibu dengan tradisini mengetuk lisung ( lisung buhun ) pada saat ini memperkenalkan beberapa kebudayaan - kebudayaan serta adat istiadat yang ada di kasepuhan sinar resmi, seperti pentas dog dog lojor, Ketika mendengar bunyi rengkong dan perkenalan berbagai macam stakeholder di kasepuhan yang memiliki peran nya masing - masing

Debus &  Laes 

Laes adalah atraksi yang sudah menjadi atraksi dari jaman dahulu di Kesatuan adat banten kidul, salah satunya di kasepuhan sinar resmi yang sudah ada dari zaman dahulu. Yaitu atraksi berjalan, bergelayun atau bermain diatas Tali yang di bentangkan menggunakan pohon bambu dengan tinggi lebih kurang 12 meter. Melihatnya saja sudah degdegan, tetapi aksi ini hanya di lakukan oleh profesional yang sebelumnya memang terlatih untuk melakukan hal seperti ini.

Seni atraksi Laes

Debus adalah seni pertunjukan kekebalan, disini saya melihat semua orang kebal - kebal sekali, tidak terluka walaupun di iris dengan golok yang super tajam, dan sama seperti laes, ini hanya bisa dilakukan oleh ahli profesional.


Aksi Debus 


Upacara Inti ( Ngadiukeun di Leuit Si Jimat )




Upacara inti sendiri adalah menempatkan sepocong ( seikat ) padi dari hasil panen yang baru kedalam Leuit ( Rumah Penyimpanan padi ) dengan ritual upacara tertentu.

Prosesi ngadiukeun, menyimpan Ikatan Padi ke Leuit si Jimat


Sarasehan 

Upacara Seren taun biasanya diakhiri dengan Sarasehan dari ketua kasepuhan Abah Asep Nugraha kepada semua element kasepuhan.

Dengan Tema "Ngawang Alam Katukang" Ngawang Alam anu bakal datang

Begitulah Sekilas keseruan yang ada di kasepuhan Sinar resmi, ingat ya, ketika berkunjung kesini kalian harus menggunakan iket ( sunda ) kepala untuk laki - laki, dan sinjang ( kain berbentuk Rok ) untuk perempuan, dan mengikuti aturan adat istiadat yang ada disini. 



Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search