Cap Go Meh 2023 Kota Sukabumi - Sebuah semangat baru tentang arti dari keberagaman

Setelah tertahan oleh pandemi covid 19 akhir nya festival tahunan cap go meh di kota sukabumi di selenggarakan kembali di tahun 2023.

acara ini sendiri adalah festival yang sering di laksanan tiap tahun 2 minggu setelah tahun baru imlek, di tahun baru kelinci air ini, perayaan cap gomeh di laksanakan kembali tapi tidak seperti 2 tahun lalu karena sebuah permulaan kembali setelah tidak di selenggarakan,


1. Track Lebih Pendek, 



untuk jarak arak - arakan barongsai nya sendiri untuk tahun ini lebih pendek dari pada tahun lalu yang hampir mengelilingi jalan protokol di kota sukabumi, untuk tahun ini masih sekitar jalan Pejagalan, jalan teratai dan seikit ke jalan pelabuhan dua, 

2. Antusiasme Warga


untuk antusiasme warga lebih terpusat di kawasan pusat penyelenggaraan cap go meh 2023, yaitu di kawasan Vihara Widhi Sakti Jl. Pejagalan No 20 Kota Sukabumi. dengan sambutan warga masyarakat kota sukabumi menikmati pertunjukan dan arak - arakan barongsay dan kebudayaan tionghoa yang masih lestari di kota sukabumi, 

Toleransi warga juga sangat terjalin baik apalagi sekarang yang namanya museum tionghoa kota sukabumi, menelisik asal, serta peran warga tionghoa di kota sukabumi.

3. Barongsai



Untuk peserta arak - arakan barongsai kali ini tidak seperti 2 tahun yang lalu mendatangkan hampir dari luar pulau juga ikut memeriahkan, hanya diikuti oleh beberapa vihara yang ada di Kota Sukabumi, Cianjur Bogor, dan kabupaten sukabumi, Tidak lupa penampilan barongsai Khas Kota Sukabumi Gie Say, dengan akulturasi budaya tionghoa dan sunda menampilkan bentuk barong yang berbeda dari biasanya.

4. Suasana kesucian Vihara Widhi Sakti



Kesucian vihara widhi sakti dijaga sampai acara ini berlangsung, dengan membatasi warga yang tidak berkepentingan untuk melewati tempat yang di sakralkan, tapi, warga masih bisa mengambil foto atau berselfie. 

5. Di hadiri oleh walikota dan wakil walikota sukabumi




Cap Go Meh 2023, di hadiri oleh walikota sukabui bapak Achmad Fahmi dan Wakil walikota Sukabumi bapak Andri Hamami, serta dihadiri pula oleh bapak dandim, kapolres dan diakhir - akhir datang juga walikota sebelumnya bapak M Muraz.

Cap Go Meh di Kota sukabumi sudah bukan hanya sekedar festival sebagian kelompok warga masyrakat saja, sudah menjadi acara tahunan yang di tunggu - tunggu oleh semua masyarakat di kota sukabumi, semoga selalu damai dalam keberagaman dan dalam toleransi yang tinggi.

No comments

Powered by Blogger.