Tanda - tanda menstruasi pada perempuan - yang membuat para laki - laki salah tingkah

Tanda - tanda menstruasi pada perempuan selalu memberikan signal kepada kita para pasangan laki - laki, kadang berdampak kepada hal - hal emosional atau ada hal kecil pun kadang bisa jadi sangat besar ! 
maka dari itu kita harus tenang menghadapinya seupaya tidak menambah rasa sakit ketika mereka para perumpuan yang sedang PMS.

tanda tanda menstruasi

Sumber : alodokter.com

Apa Aja sih yang biasanya diberikan signal ketika perempuan PMS ( pra-mestruasion syndrome ) ?

1. Mood Swing 

Selain perubahan fisik, menstruasi juga bisa mengubah suasana hatinya menjadi tidak stabil atau mood swing. Menjelang menstruasi,dia mungkin jadi cepat marah atau tiba-tiba menangis, padahal sebelumnya sedang gembira

2. Sensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan

beberapa wanita yang mengalami premenstrual syndrome, merasakan lebih sensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan saat menjelang haid.Hal ini membuatnya merasa lebih mudah gelisah saat berada di tempat yang berisik, mudah silau dengan cahaya, dan tidak nyaman saat disentuh oleh orang lain. 

3. Sakit badan

Salah satu gejala menstruasi yang normal dialami wanita adalah pegal-pegal dan sakit badan, Gak jarang, perutnya terasa kram, hingga payudaranya pun terasa sangat nyeri setiap saat.

4. Susah Tidur

Ketika tamu bulanan sebentar lagi datang, Dia akan jadi lebih susah tidur malam meski badan sudah kecapekan berat. Terjadinya kondisi ini merupakan kombinasi dari berbagai penyebab, seperti: perubahan hormon menjelang menstruasi, stres fisik karena badan lelah. dan stres emosional dari aktivitas harian.Usahakan untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin saat tanda-tanda menstruasi yang satu ini muncul. Karena itu kita sebagai laki - laki kadang suka serba salah ketika mengajak nya untuk cepat tidur di malam hari.

5. Sembelit atau diare

Beberapa wanita bisa mengeluhkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare selama beberapa hari sebagai ciri-ciri datang bulan. Hal ini karena naiknya hormon menjelang menstruasi. Peningkatan hormon prostaglandin dapat memicu usus berkontraksi sehingga menyebabkan diare, sedangkan peningkatan hormon progesteron bisa memicu sembelit.

6. Payudara terasa padat dan nyeri saat disentuh

Jika payudara terasa bengkak, lebih berat, dan terasa nyeri terutama di sisi terluarnya, ini adalah ciri-ciri haid akan datang sebentar lagi. Perubahan payudara diakibatkan oleh naiknya hormon prolaktin, yaitu hormon yang meningkatkan produksi susu. para lelaki dan pasangan jangan macam - macam :D

7. Kram perut 

Adalah tanda-tanda akan haid yang paling khas. Kondisi ini biasanya muncul 1 sampai 2 hari menjelang jadwal menstruasi.Namun, tidak perlu khawatir karena kram perut ini biasanya akan hilang saat sudah haid atau hanya muncul di hari pertama saja.

8. Penyebab lain yang bisa membuat badan sakit ketika akan menstruasi

-Pola makan tidak sehat.
-Terlalu gemuk atau terlalu kurus.
-Kurang olahraga.
-Kelelahan kronis.
-Penggunaan obat-obatan tertentu.
-Stres dan gangguan kecemasan sejenis.
-Risiko penyakit kelenjar tiroid dan PCOS atau Sindroma Polikistik Ovarium.

9. Nafsu makan meningkat

Beberapa orang mengalami tanda-tanda menstruasi berupa nafsu makan yang meningkat. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Nutrition and Metabolism, peningkatan hormon saat haid pada wanita muda dapat menyebabkan keinginan makan yang lebih tinggi. jadi kalau tiba - tiba mau jajan ini jajan itu mungkin sidia sedang akan menstruasi :D

Tapi kadang beda - beda juga sih tergantung dari beberapa faktor yang mempengarusi seperti kesetabilan hormon estrogen dll, dengan selalu menjaga pola hidup sehat, cukup nutrisi dan menjaga kesehatan reproduksi.

No comments

Powered by Blogger.