Curug Larangan - Menelusuri Air Terjun Terbersih Di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark Sukabumi

Air terjun memang menjadi daya tarik tersendiri khusunya untuk tujuan wisata di jawa barat khusus nya daerah kelahiran saya, yaitu sukabumi. 

Air terjun di sukabumi sangat beragam dengan lokasi yang tersebar luas diutara dan selatan, Sebelah utara dengan khas air terjun sejuk ala pengunungan, sedangkan di selatan air terjunnya akan khas sekali dengan dataran rendah.

Sukabumi bagian selatan terkenal dengan kawasan wisata alam Ciletuh atau sekarang namanya Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark, memang secara resmi sudah di akui sebagai salah satu warisan kekayaan alam dunia. di tempat ini terdapat banyak sekali air terjun yang tersebar, tapi yang selalu menjadi pusat perhatian saya sampai saat ini adalah salah satu air terjun pinggir pantai tapi penuh kesejukan, namanya air terjun ( curug ) Larangan. 


@sibubuh Saatnya membuat kalian tenang #vibes #nature ♬ suara asli - favmusicvibes

1. Curug Larangan

Nama larangan berasal dari bahasa sunda yang artinya lahan yang terlarang, jadi konon katanya tidak ada yang berani masuk kesini karena berbagai macam mitos yang tersebar di masyarakat. Jujur saja memang akses kesini itu tidaklah segampang kalian naik eskalator tiba - tiba langsung sampai, butuh tracking maksimal 15 menit ditambah menyebrang sungai yang belum ada jembatannya, tapi pemandangan menuju air terjunnya tidak diragukan keasrian dan keindahan nya.

2. Dimana ini tempat nya ?

Lokasinya sendiri berapa tepat di belakang pemukiman warga, kalau dari arah palabuhanratu Jalan Loji - palangpang, setelah Jembatan cisaar, akan ada persimpangan kecil kesebelah kiri yang mana ini tidak "Roda Empat" Friendly karena jalan nya kecil dan cenderung berbatu, jadi biasanya bagi teman - teman yang menggunakan roda empat bisa menyimpan kendaraan nya dan menambah jadwal tracking kalian ditambah sekitar 15 Menitan. 


Kalian akan disambut oleh beberapa spanduk sang owner lahan dan penglola, sebut saja namanya Ari, dan untuk masuk kesini kalau menggunakan kendaraan roda 2 di kenakan tarif Rp. 10.000,- / Orang.

3. Air Terjun Terbersih


Menurut saya, air terjun ( curug ) Larangan ini adalah salah satu air terjun terbersih yang pernah saya temui di kawasan CPUGG,  air nya berasal dari perbukitan dan tidak melalui pemukiman sehingga tidak terlalu banyak sampah menumpuk yang akhirnya bisa dengan santai tanpa harus takut kotor untuk mandi disini, Tapiiiii kalian harus perhatikan keselamatan, jangan terlalu tengah karena air terjun biasanya ada gelombang yang menarik dan susah kembali lagi ke permukaan kalau kalian tidak memiliki keahlian khusus.

Ada bebera hal yang harus di perhatikan kalau kalian kesini :

- Jangan Pergi Sendirian 
- Berdoa
- Bawa Perlengkapan Seperlunya
- Jangan Membuang Sampah Sembarangan

No comments

Powered by Blogger.