Mencoba kembali tracking ke air terjun sawer - via jalur cinumpang kawasan situgunung suspension bridge

Air terjun sawer atau curug sawer yang berada di kawasan Situgunung Suspension Bridge memang menjadi satu bagian kawasan wisata yang terintegrasi dengan wahana lain di kawasan tersebut, tapi semenjak adanya kawasan wisata tersebut ada jalur awal yang mungkin sudah agak terlupakan, betul sekali jawabannya adalah jalur Cinumpang, tempat ini adalah sebuah kawasan wisata camping ground dengan banyak fasilitas, bagaimana sih jalur ke air terjun dari jalur ini ?


Air Terjun Sawer a.k.a Curug Sawer


1. Harga Tiket

untuk masuk ke kawasan ini pengunjung akan dikenakan biaya tiker dengan harga Rp. 10.000/ Orang, dan kendaraan akan di parkirkan di sebelum pintu gerbang masuk kawasan.

Jembatan penghubung dan penyebrangan kawasan curug sawer


2. Jalur Tracking


Untuk jalur tracking nya sendiri berjarak skitar 1.6 KM atau menempuh waktu sekitar 20 menitan dengan akses jalan kaki, kalo kalian pegel jalan kaki kalian juga bisa dengan menyewa ojeg, tapi dengan berjalan kaki kita akan menikmati perjalanan dengan udara yang segar dan pemandangan hijau disana sini, membuat perjalanan sudah tidak terasa sampai di destinasi.

Track dengan jalur naik turun dan pemandangan indah sekitar

3. Akses dari Jalan Raya

Untuk akses dari jalan raya, sebelum terminal Kadudampit kalian akan melihat plank sebelah kanan kawasan wisata curug cinumpang, nah masuk saja sekitar 700 meter dan sampai di pintu gerbang masuk kawasan.

4. Air Terjun ?

Karena ini berada di kawasan TNGGP ( Taman nasional gunung gede pangrango ) maka airnya akan sangat jernih dan tidak pernah surut mengingat aliran sungai yang bersih langsung dari pegunungan dan memiliki suhu air yang sangat dingin, sehingga membuat kita nyaman berlama - lama memandangi indahnya ari terjun dan merasakan kesegaran nya.

5. Tips Kesini ! 



Jangan lupa bertanya untuk jalurnya karena banyak sekali arah yang akan sedikit membingungkan kalian, jalan nya setapak yang sudah dibeton. 

Jangan lupa membawa air putih karena kalau saya pribadi untuk berjalan kaki dengan tracking naik turun membuat cepat haus meskipun berada di kawasan yang sangat adem dan dingin. 

Siapkan Uang PAS ketika masuk kedalam kawasan kalian juga bisa mampir sejenak di warung - warung yang sejak lama sudah ada di dalam kawasan ini. 

Jangan membuang sampah sembarangan, jaga kebersihan, dan apabila mendesak bawa dulu sampahnya sampai kalian menemukan tempat untuk membuang sampah.

Menurut saya ini adalah jalur alternatif untuk kalian yang sedang berpetualang, dan hanya tertarik ke air terjunnya. Terima kasih 

1 comment:

  1. track nya asik untuk di lalui sih ini mah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.