Pentingnya memahami 4 ( empat ) Pilar Literasi Digital - Upaya untuk beradaptasi dengan transformasi Digital

Belakangan ini banyak sekali hal - hal yang menggelitik di kalangan warga digital (netizen indonesia), ketika seseorang yang baru saja terjun ke dunia digital disitulah terjadinya perubahan prilaku dan budaya, disadari atau tidak dekade terakhir ini kita manusia dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya, bayangkan saja, tahun 2000 tidak bisa dibayangkan kita bisa langsung bertatap muka jarak jauh, tetapi sekarang ? ini akan menjadi hal yang mudah. 

Maka munculah dunia baru yang biasa kita sebut dengan dunia digital yaitu segala hal yang kita lakukan secara offline atau tidak terhubung satu sama lain dapat dengan mudah bisa mengakses jutaan informasi hanya dalam genggaman seiring dengan perkembangan teknologi Internet berbasis Mobile dan evolusi ponsel.

Kemudian munculnya sosial media memanjakan orang untuk dapat berbagi berbagai macam konten dengan mudah dan dapat langsung dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia, tanpa disadari kita benar - benar sudah masuk kedalam dunia baru kita Dunia Digital.

Belum lagi membeli segala kebutuhan yang kita inginkan dengan mudah dapat diakses dengan satu sentuhan yang kita sebut sebagai E-Commerce Online.

dalam perkembangannya kita dituntut untuk kembali membawa hal - hal yang baik, yang biasa dilakukan di kehidupan sehari - hari kita ke ranah dunia digital karena belakangan, selain banyak sekali produksi konten positif yang membuat kita merasa teredukasi, terhibur, dan terbantu. Disisi lain muncul banyak konten negatif, bermunculnya informasi - informasi Hoax( tidak benar ), berkomentar seenaknya, menimbulkan perpecahan, peseteruan, keputusasaan, perdebatan tiada akhir, perundungan dan penipuan online yang dilakukan oleh beberapa orang yang memang belum teredukasi dan beradaptasi dengan baik dengan perubahan prilaku yang asalnya dilakukan secara Offline menjadi Online.

Maka dari itu penting untuk kita bagaimana kita bisa Cakap menggunakan media digital, Berbudaya di media digital dengan prilaku baik, menjaga etika ber-dunia digital dan membentengi diri dengan bagaimana agar kita bisa aman di dunia digital.

Menkominfo meluncurkan program Literasi Digital agar masyarakat bisa teredukasi dan terliterasi menganai bagaimana agar lebih beradaptasi dan tidak tertinggal dengan adanya transformasi digital. meluncurkan 4 Modul Pilar yang wajib di pelajari dan diterapkan dalam berkehidupan Digital. 


Webinar Literasi Digital Nasional

Saya bagian dari Relawan TIK Indonesia disini mengambil peran sebagai Narasumber dalam setiap webinar yang selalu dijadwalkan di seluruh Indonesia, merasa sangat bangga bisa mengedukasi dan meliterasi masyarakt tentang pengetahuan 4 pilar digital. 


Teman - teman bisa mengakses modul 4 pilar digital dengan gratis di website : literasigital.id

  1. Modul Cakap Bermedia Digital (Kecakapan Digital)
  2. Modul Budaya Bermedia Digital (Budaya Digital)
  3. Modul Etis Bermedia Digital (Etika Digital)
  4. Modul Aman Bermedia Digital (Keamanan Digital)
Yuk mulai dari sekarang kita benahi diri sendiri setelah itu mengajak teman dekat dan lingkungan kita untuk sadar ber-digital yang cakap, berbudaya, beretika dan aman.

2 comments:

Powered by Blogger.