Menikmati pagi di air terjun sodong - cikanteh Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark

Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark memang tidak akan pernah ada habis nya, selain pemandangan puncak darma yang sudah terkenal, juga beberapa air terjunnya menjadi daya tarik tersendiri, terlebih ketika musim hujan atau air cukup untuk mengaliri air terjun yang mengalir.

Ciletuh sendiri merupakan dari bahasa sunda terdiri dari 2 kata Ci : cai ( air ) Letuh : Keruh jadi secara harfiyah memang ciletuh di artikan sebagai air keruh, maka dari itu ketika debit air sangat besar beberapa air terjun disini akan berwarna kecolkatan karena merupakan muara sungai dari gabungan beberapa sungai dari hulu.

Ketika musim peralihan tiba atau batas anatara musim hujan ke musim kemarau cuaca di arah selatan akan mengalami pengurangan intensitas hujan, cenderung cerah maka dari itu air - air yang mengisi air terjun di ciletuh akan menampakan keindahan nya, dengan cahaya hangat pagi hari dan air yang bersih tidak terlalu kotor ( keruh )

Ada 2 opsi air terjun ketika sunrise di Ciletuh yang sangat asik Curuh Cikanteh dan Curug Sodong, kenapa kedua curug ini ? karena lokasi yang sangat berdekatan, sehingga ketika kalian bermain ke curug sodong, kalian juga bisa naik ke curug cikanteh dibagian atas.

Berikut Maps Yang bisa kalian ikuti untuk sampai dilokasi ini 



Sunrise Curug Sodong 



Air terjun sodong atau curug sodong turun menuruni lembah dengan 3 undakan besar, curug ngelay dan berakhir di bawah curug sodong, kenapa di sebut curug sodong ? karena di belakang air terjun tersebut ada goa ( sodong ) jadi lah disebut oleh masyarakat lokal sebagai curug sodong.

Sekilas air terjun sodong !
Matahari akan melewati pepohonan dan membiaskan air yang terjun sehingga membentuk sebuah penampakan yang menenangkan dengan alunan suara air terjun yang deras di pagi hari. 

Pesona lain dari air terjun sodong ini ketika sore atau sunrise matahari sudah ada di sebelah barat, akan terlihat gradasai pelangi yang di pantulkan.

Asal kalian tau konon katanya suara alam akan membuat kalian lebih relax, 

Sunrise Curug Cikanteh

Cahaya yang di belah oleh object di skitar 
Lanjut ke air terjun cikanteh yang lokasinya hanya berjarak lebih kurang 500 meter dari curug sodong, dengan jalan yang agak sedikit tracking atau butuh kerja keras untuk dapat mencapai air terjun ini.
dengan membayar uang kebersihan di depan, dan apabila kalian rombongan yang tidak terlalu mengenal medan bisa juga menyewa jasa Guide yang akan memandu kalian supaya bisa lebih terjamin keselamatan nya, karena disekitar curug cikanteh batuannya sangat licin dan mengandung bebatuan yang agak runcing, sangat tidak disarankan menggunakan alas kaki yang bukan untuk kegiatan outdoor



 
Sekilas Video Curug Cikanteh
@sibubuh

Pagiku cerah... ##tiktoktravel ##fyp ##foryoupage ##travelblogger ##curugcikanteh ##ciletuhgeopark ##ciletuhsukabumi

♬ Unstoppable - Sia
karakteristik air terjun ini sama dengan air terjun sodong meskipun kedua undakannya memiliki debit air yang besar, undakan percama berada di atas tebing turun langsung kemudian dikumpulkan di sebuah kolam dan di alirkan kembali melalui bebatuan di bawah sehingga membentuk air terjun seperti tirai air.

Matahari pagi akan masik melalui celah pepohonan dan terpantulkan dengan cipratan air dan kabut air yang ditimbulkan air terjun sehingga membentuk sebuah roll yang membelah objek disekitar.




Kalo mandi disini gimana kak ? bisa kok tapi kalau kalian pertama kesini mungkin tidak tau di sebelah mana saja yang tempat yang aman untuk di pakai mandi.

Sekian dari saya keep in touch dengan platform lain sering aktif di IG sama Tiktok 
Instagram : @sibubuh
Tiktok : @sibubuh


2 comments:

Powered by Blogger.