Sawah Cibutun - Jalan trans Loji - Palangpang Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Gepark

Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark memliki banyak daya tarik, tanpa terkecuali jalur nya yang eksotis dengan pemandangan bukit - bukit, pemandangan langsung laut dan jalan yang mulus tapi berkelok - kelok, 

Sebelum dibangun dan di resmikannya jalan Trans Loji, sebelumnya untuk masuk ke kawasan ciletuh ini bisa di tempuh dengan melewati jalan menuju jampang dan waluran, akan tetapi setelah di resmikannya jalan ini, ini menjadi jalan yang memang seharusnya penopang keindahan alam ciletuh geopark.

Ada beberapa spot yang bisa kalian abadikan sepanjang jalan Loji - Palangpang ketika melakukan road trip dari arah palabunaratu, apa saja ?

1. Pesawahan Cibutun 

Pesawahan cibutun akan sangat bagus sekali dengan landscape sawah yang menghampar dengan pemandangan laut dan bukit di seberang teluk palabuhanratu, untuk datang kesini diusahakan ketika pagi dan padi ketika hijau atau menguning, akan mulai terasa keindahan ciletuh dari sini. selain itu kalian juga akan melihat pemandangan PLTU dan kota palabuhanratu dari sini. Apabila dari arah palabuhanratu lokasi nya cukup mudah diakses, lokasi nya tepat berada di sebelah kanan. 



2. Pinggir jalan View Laut 


Selain sawah cibutun diatas, ada banyak spot pinggir jalan sepanjang jalur ini yang menyuguhkan keindahan laut biru dan geadasi warna pagi yang indah.
disini kalian akan disuguhkan pemandangan laut dengan beberapa bukit serta langit cerah kalau datang pagi dan sunset juga enak terlihat dari tempat ini.

3. Tanjakan Dini


Tanjakan dini merupakan salah satu tanjakan terpanjang yang ada di jalur ini, tanjakan ini dinamakan tanjakan dini, karena dulu disini ada yang kecelakaan dan meninggal ketika menaiki tanjakan ini, namanya teh dini, sehingga dinamakan demikian oleh warga setempat, tanjakan ini menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi sebuah jalur dengan adernaline test , menampilkan view laut yang membelah pelabuhanratu dan kawasan ciletuh sehingga akan sangat terlihat ketika kalian ada di spot ini.

4. Puncak Gebang


Foto oleh : @aditia.putra.21


Puncak gebang adalah sebuah puncak dengan pemandangan view laut, dengan ornamen yang dibuat oleh warga sekitar, sehingga cocok bagi kalian untuk dijadikan sebagai spot selfie, pemandangan teluk pelabuhanratu dan tanjakan dini pun akan terlihat dari puncak ini.

5. Puncak Darma




Destinasi terakhir ketika melakuakn road trip di jalur ini adalah Puncak Darma, dengan masuk ke kawasan ini berarti kalian sudah masuk ke inti Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark ini, dan siap - siap dengan beberapa air terjun cantik yang akan kalian lihat.

Dari puncak darma ini akan terlihat berupa tapal kuda raksasa atau biasa disebut Mega-amphitheater, atau teater raksasa yang di suguhkan oleh alam semesta.


Tips :
1. Apabila ingin melihat keindahan ciletuh geopark sedang hijau & air terjun sedang bagus, bisa di ambil ketika musim penghujan.
2. Jangan Buang Sampah Sembarangan
3. Jangan membuat vandalisme sehingga merubah estetika tempat berwisata  

No comments

Powered by Blogger.