Friday, April 24, 2020

5 Hal yang bakal saya rindukan di Sukabumi, Ramadhan Tahun ini

Mesjid Agung Kota Sukabumi

Ramadhan tahun ini berbeda dari ramadhan - ramadhan sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19 membuat semuanya berubah berikut hal - hal yang pasti di kangenin ketika ramadhan dari bulan - bulan sebelumnya. 

1. Buka Bersama 



Hal yang menjadi menarik ketika ramadhan tiba adalah adanya kumpul - kumpul atau silaturahmi yang menjadi semakin erat, berbuka adalah waktu dimana kita membatalkan puasa ketika adzan maghrib tiba. Hal ini akan sangat di kangenin mengingat kita yang tidak boleh berkerumun dan berkumpul banyak orang. mungkin sekarang bisa di akali dengan tren video conference , yang mungkin selama satu bulan ini di sosial media akan banyak sekali aktivitas seperti buka bersama melalui aplikasi Vicon. 



2. Event Ramadhan



Events ketika ramadhan tiba pasti sangat banyak sekali, selain buka bersama sahabat ataupun kolega juga suka ada buka bersama dengan melibatkan pihak ketiga, dengan penyelenggaraan workshop, pembukaan bazaar ramadhan, dan lain - lain. 

3. Traveling 

Bukit Karang Numpang Sukabumi

Jujur saja ketika ramadhan dan mendapat tanggal libur saya suka sekali belusukan mencari tempat - tempat yang nyaman dan seru untuk di kunjungi, misalkan mencari spot cantik sunrise, mengunjungi kota - kota lain untuk mendapatkan experience ramadhan yang berbeda - beda, dengan adanya wabah yang maha menyebalkan ini, hal ini akan sulit dilakukan mengingat banyak tempat wisata yang ditutup, pemberlakukan PSBB dengan pengawasan yang ketat dan pembatasan kendaraan Umum. ini sangat menyebalkan sekali memang, tapi kita harus bersabar dan tetap berdoa semoga wabah ini segera berlalu.

4. Terawih Berjamaah 

Walaupun sholat terawih hukumnya sunnah, tapi sudah menjadi kewajiban tersendiri di bulan puasa ini, dengan berlomba - lomba beribadah untuk mendapatkan pahala yang dilipatgandakan, dengan terawih berjamaah kita tahu bagaimana orang - orang yang sebelumnya jarang bertemu dapat bertemu di moment terawihan ini. Meskipun di daerah zona hijau masih bisa saja dilakukan, tapi untuk daerah - daerah yang sedang PSBB dan menerapkan Ibadah di Rumah hal ini akan hilang karena melakukan sholat terawih di rumah saja.

5. Mudik 

Beberapa hari yang lalu hal ini menjadi polemik dengan pernyataan presiden Jokowi mengenai penjelasan perbedaan mudik dan pulang kampung yang sedang di wawancarai mbak nana di mata najwa waktu itu. tapi secara konteks ini seperti sama saja perpindahan orang urban ke kampung dengan potensi membawa virus, bahkan dari kawasan zona merah. meskipun sudah di jelaskan ada alasan tentang kondisi masing - masing. Ketika mudik, H-7 lebarang itu tiket segala transportasi sudah ludes habis, Terminal ramai sekali, dan bahkan ada yang membawa keluarga nya dengan kendaraan sepeda motor berjam - jam di perjalanan demi bertemu sanak saudara dikampung, dan Breaking News di televisi sendiri akan heboh menyiarkan perkembangan arus mudik hingga arus balik yang bahkan, para wartawan nya sendiri tidak mudik dan ada nya berbagai program mudik gratis yang di adakan oleh Pemerintah. mungkin akan berbeda dengan tahun ini. walaupun masih banyak juga "sepertinya" masyarakat yang melakukan hal ini. 

Diatas adalah beberapa hal dari banyak hal yang bakal saya kangenin ketika ramadhan 1441 H ini. semoga wabah ini segera berlalu dan semuanya kembali normal. Tetap #dirumahAja jangan kemana - mana kalau gak penting - penting amat tetap semangat tetap sehat dan tetap berdoa.


Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search