Friday, December 27, 2019

Kampung Budaya Sindang Barang - Sebuah kampung budaya yang tidak jauh dari pusat Kota Bogor

Kampung Budaya Sindang Barang adalah suatu kampung adat Sunda yang terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor. Menurut sejarahnya Kampung Sindang Barang sudah ada sejak abad ke XII dan terpapar dalam Babad Pajajaran dan tertulis juga dalam pantun Bogor. Kebudayaan Sunda yang masih kental tercermin dalam perilaku kehidupan masyarakatnya sehari-hari terutama direfleksikan dalam pelaksanaan acara Serentaun yang rutin dilaksanakan di Kampung Sindang Barang.

Pemandangan leuit ( tempat menyimpan padi di kampung budaya sindangbarang )

Beberapa minggu lalu di ajak oleh @priaramadani.id untuk bermain ke kampung budaya ini. Banyak hal yang menarik yang bisa kamu temukan disini.

1. Suasana Perkampungan

Ketika pertama kali masuk ke sini langsung terasa suasana perkampungan nya, dengan view gunung salak dan view perkotaan ( kota bogor ) hamparan rumput, pesawahan dan bangunan yang ada disini membawa kita ke beberapa tahun lalu yang belum masuk ke era globalisasi. dengan hawa yang sejuk memberikan suasana berbeda tersendiri.

Suasana yang damai dan sejuk di kampung budaya sindangbarang


2. Spot Foto 

Selain suasanya yang menenangkan dan sangat betah sekali untuk stay disini, tidak asik kalau piknik atau menikmati tempat wisata tanpa spot foto yang menarik, banyak sekali konsep stok foto yang di tawarkan disini dan kalian akan terpukau ketika pulang, dan bahkan bingung foto yang mana yang akan kalian unggah di sosial media.

Spot Foto yang menarik dan keren di Kampung Budaya Sindangbarang


3. Kebudayaan 

Namanya juga kampung budaya, kebudayaan adalah sebuah nilai plus dari tempat ini, selain kebudayan bercocok tanam dan bangunan perkampungan, juga kebudayaan yang tidak ternilai adalah sebuah penampilan kaulinan barudak zaman dahulu dan pertunjukan seni - seni tradisional khas sunda, seperti pencak silat dan tarian jaipong.



Gelaran penampilan kebudayaan yang di tampilkan di kampung budaya sindang barang


4. Makanan Asli Khas Perkampungan 

Ketika sehari - hari makan fastfood dan makanan yang lain, alternatif untuk makan makanan rumahan disini sangat enak dan beragam pengunjung akan di suguhkan makan khas dari daerah pasundan.

5. Lokasi 




Lokasi nya yang tidak jauh dari pusat kota, sehingga pengunjung akan sangat mudah untuk mengakses tempat ini. lokasinya berada di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat 16631 dan keberadaan nya sudah di pin di Google Maps, bisa sangat mudah dengan tarnsportasi pribadi maupun angkutan Online.

Yuk yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga atau teman dengan suasana yang berbeda bisa berkunjung kesini, sebelum kesni harus booking terlebih dahulu dengan mengkontak : 0821-4787-6363 Kampung Budaya Sindangbarang bogor.



Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search