Friday, December 27, 2019

Berbagi : Instagram Untuk Portfolio di Kelas Kuliah Digital 1.0 Adbis UMMI 2017 Sukabumi

Sebenarnya, untuk menjadi seorang pembicara memang sangat gerogi apalagi kalau dalam forum - forum dengan orang - orang yang super serius semua. beberapa waktu lalu saya di kontak teman saya Ramdan Nurul Anwar, salah satu mahasiswa Administrasi Bisnis UMMI angkatan 2017 untuk mengajak saya menjadi narasumber Kuliah Digital 1.0 di Di Suari Hari Caffe dengan pembahasan social media untuk Branding, bersanding dengan Ridwan selaku CEO dari INFO SUKABUMI sebuah wadah akun Instagram kesukabumi dengan berbagai akun sektor, mulai dari akun kuliner, perjalanan ( travel ) dan lainnya dengan fokus berbisnis melalui berbagai channel.



Saya mau bocorkan materi yang saya berikan pada diskusi kali ini, sebenarnya ini bukan mengajarkan tetapi lebih ke sharing, karena tau saja kalau ada teman - teman yang di forum yang lebih expert di bidangnya.


1. Menentukan Minat atau Hobby 

Untuk membuat sebuah branding pribadi di media social, harus menentukan apa yang sebenarnya yang menjadi minat atau hobi kalian yang kalian sukai, mulailah berkaca dan bertanya apa ya ? 

2. Mulai dengan membuat akun 

Setelah itu, buatlah akun yang mencerminkan hobi tersebut khusus untuk hobi kamu, karena nanti apabila sudah terbentuk harus di bedakan, antara hobi kamu dan akun pribadi yang memuat konten yang lebih personal.

3. Mulai membuat Konten 

Setelah semuanya matang sudah terlihat hobi atau minat dan akun sudah tercreate, lanjutkan dengan merancang sebuah konten, bisa berupa Foto, Video maupun keduanya. dengan memperhatikan visual serta konten yang berbobot tentang minat atau hobi tersebut.

4. Lakukan dengan Konsisten

lakukan hal tersebut dengan konsisten, bisa dengan cara membuat sebuah jadwal posting atau upload/unggah di media social, ajak teman/sahabat untuk melihat konten kamu, atau kamu bisa menyewa jasa social media advertising untuk menyebarkan karya kamu sesuai dengan teritori yang tersedia.

Demikian sekilas dari rangkuman kelas digital 1.0 sebenar nya memang lebih dari ini ada juga berbagai maca tips dan trik yang harus di lakukan dengan cara mengobrol dan terjun langsung. 

Tambahan :

Q : Kak, apakah ini sama saja seperti produk ?
A : Sebenarnya untuk produk hanya menampilkan produk awareness saja, artinya seseorang tau produk tersebut dan tertarik untuk mencobanya. Caranya yaitu bisa dengan bekerja sama dengan akun - akun besar, atau Influencer dengan akun yangs udah kalian create terlebih dahulu, Promote baik bersifat passif atau aktif, Tips nya jangan salah Influencer dalam promosi, harus sesuai dengan produk yang kalian promosikan.
Q : Untuk akun nya sendiri selain produk awareness apa aja kak ?
A : Bisa juga membuat 2 buah akun seperti 1 akun untuk awarness aja seperti pengetahuan produk dll, bisa juga di satukan antara katalog dan profile dengan menggunakan pattern yang menarik, atau di pisahkan menjadi 2 buah akun. dengan membedakan nya.


Terima kasih Sudah mengundang saya untuk sekedar sharing dan berbagi serta berdiskusi tentang perkontenan Sosial media sebagai self branding yang menarik khusus nya Instagram, media social anak muda yang akhir - akhir ini banyak sekali peminatnya. 

Foto oleh : Ramdan Nurul Anwar

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search