Saturday, October 5, 2019

Sukabumi Tempoe Doeloe - Sebuah Acara Berupa Mesin Waktu ke Masa Lalu

Sukabumi Tempoe Doeloe adalah sebuah tajuk acara untuk flashback ke masa lalu tentang yang ada dan apa saja yang terjadi di sukabumi.


Banyak berbagai aspek budaya dan karikatur serta koleksi - koleksi tempoe doeloe yang di tampilkan disini :

1. Kebudayaan 

Kebudayaan Sunda ditampilkan melalui beberapa aspek mulai dari kesenian tari, pertunjukan pencak silat dan kesenian budaya tionghoa yaitu Barongsay.

Selain itu juga kebudayaan jaman dahulu juga dilihat dari beberapa barang peninggalan yang ada, dengan bagaimana orang zaman dahulu menggunakan alat - alat untuk kebutuhan sehari - hari, juga ada batik Lokatmala yang memang sebuah brand batik kebanggan dari Kota Sukabumi dengan motif - motif yang khas.


Barang - barang koleksi zaman dahulu


Lokatmala Corner.

2. Kuliner

kuliner tempoe doeloe yang di tampilkan pada acara ini seperti beberapa makanan jadul yang enak - enak, ada bajigur, bandrek sampai rebusan ubi yang secara sejarah pada zaman dahoeloe di jual menggunakan emang - emang dengan cara di "tanggung" .

Alat tukar untuk jajanan kuliner
Beberapa kuliner lain juga banyak disini, dengan jajan menggunakan koin kayu sebagai nilai tukar, dengan menukarkan nya ke stand penukaran koin.

3. Pameran Foto 

Pameran foto soekaboemi tempo dulu adalah menampilkan beberapa spot sukabumi pada zaman dahulu seperti bagaimana gambar foto stasiun, lapang merdeka yang sebelum nya bernama lapang victoria, dan beberapa spot legendaris lain di sukabumi yang masih ada sampai sekarang seperti kantor Telkom Jl. Martadinata, Kantor balaikota Sukabumi dan lain lain.


4. Pameran Kolektor Uang 

Kekayaan sebuah negara selain beberapa aset yang saat ini sedang digunakan juga berupa warisan sejarah yang memang harus di lestarikan supaya bisa menjadikan nya sebuah pelajaran untuk masa depan. Beberapa koleksi nilai tukar mulai dari beberapa item dengan berbagai macam nilai tukar berupa timah yang di gunakan barter pada zaman dahulu, dan uang - uang gulden dari zaman belanda sampai ke uang - uang kertas dan koin pecahan yang memang sangat jarang di temukan dan sudah tidak di pakai lagi pada zaman sekarang

Kolektor Uang Indonesia


5. Pameran Barang Pusaka

Berasal dari museum kipahare beberapa koleksi barang - barang pusaka, mulai dari keris, dan beberapa benda pusakan yang memang selalu di jaga dan di lestarikan serta di "rawat" dengan caranya sendiri.

6. Pengadaian Sukabumi hingga Pameran Motor, Speda Onthel

Beberapa pameran menarik lainnya adalah pameran pegadaian, pameran pegadaian dirinci dari zaman hindia belanda sampai di era - era penjajahan dan sampai sekarang dengan menampilkan informasi secara rinci apa saja yang berpengaruh pada pegadaian, dan menampilkan beberapa peralatan - peralatan yang di gadaikan dan di gunakan oleh pegadaian.

Apabila dilihat dari sejarah Pegadaian pertama di Indonesia berada di Sukabumi, yaitu di Jl. Pelabuhan 2 Kota Sukabumi.


Pameran Pegadaian Sukabumi
Sepeda Onthel menjadi identitas sebuah ke klasikan bersepeda di perkotaan, dengan kominitas yang banyak, sepeda onthel ini menjadi besar karena banyak sekali orang yang menyukai desain dan bentuk dari sepeda onthel ini.

Pameran Motor berasal dari beberapa komunitas, komunitas harley davidson indonesia dan brotherhood indonesia.

Pada malam hari juga di gelar beberapa pertunjukan kesenian dengan alunan suara kejadulan yang khas



Acara ini di adakan di Wisma Wisnoe Whardani di komplek secapa polri Jl. Bhayangkara Sukabumi, atau samping PLN Sukabumi. Mulai dari tanggal 05 - 06 Oktober 2019.




2 comments:

  1. Lucu banget alat tukarnya pake koin kayu.
    Kalau disemarang ada pasar tradisional juga tapi bayarnya pakai e money haha.
    Eh ini kunjungan pertamaku disini kalau diperhatiin kita pake template blog yang sama loh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ia bang, kalo pasar digital biasanya perminggu, kalau ini setahun sekali
      Hehehe ia ya 😄

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search