Tuesday, October 15, 2019

Exploring Bugel Muara Cikaso Tegalbuleud Sukabumi

Sungai cikaso adalah salah satu sungai yang panjang dan lebar di jawa barat, mengalir dari utara sukabumi sampai selatan sukabumi dan bermuara di Tegalbuleud Sukabumi.
Kali ini mencoba untuk melihat fenomena Bugel yang hanya terjadi selama musim kemarau, Apa itu bugel ? bugel adalah tertutup nya area mulut muara sungai oleh pasir yang tertiup selama musim kemarau, sehingga sungai tidak mengalir langsung ke laut karena terhalang oleh pasir.


Pada kali ini saya bersama teman - teman mencoba untuk menelusuri dan mengeksplorasi keindangan sungai cikaso sampai muara bugel tegalbuleud yang jarang sekali orang untuk melihat langsung kesana, kecuali memang warga lokal disana.

1. Sewa Perahu


Sebelum mencapai kelokasi, hanya di capai oleh perahu, kalian bisa langsung datang ke muara cikaso di tegalbuleud atau pilihan kedua yang saya dan teman - teman lakukan yaitu menelusuri sambil berperahu ria dari sungai cikaso, dengan titik utama spot Curug Cikaso yang berada di Kecamatan Cibitung, jujur saja untuk akhir kemarau curug cikaso akan sangat kering tidak ada air yang mengalir.
Untuk penyewaan perahu bisa menghubungi Mang dodi @dodivctrs, kalian sudah bisa menyewa satu buah perahu untuk maksimal sepuluh orang dan seorang supir perahu yang sudah berpengalaman.

2. Keindahan Sungai Cikaso 


Sungai cikaso terkenal dengan warna yang hijau ketika musim kemarau, sehingga akan sangat memanjakan mata, start mulai pukul setengah 2 siang, dengan paparan sinar matahari yang lumayan terik tetapi akan terasa sangat indah dan suasana yang berbeda dengan kesegaran angin dan udaranya.


di sepanjang sungai kalian akan dimanjakan dengan pemandangan beberapa pepohonan yang hijau di kedua sisi tepian sungai dan ketika mendekati muara sungai akan muncul pohon - pohon kelapa yang sangat keren sekali, pohon kelapa disini memang susah berbuah karena digunakan masyarakat untuk pembuatan gula aren.

3. Bugel Muara Cikaso

Terlihat bentangan pasir yang menutupi mulut muara sungai cikaso ( bugel )

Bugel muara cikaso hanya akan menghilang atau terbedah dengan sendiri nya ketika debit air sungai sudah mulai tinggi dan perlahan - lahan gumukan pasir akan menghilang, ketika musim bugel dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencari ikan - ikan air payau atau sekedar memancing di pinggiran sungai.

4. Mengunjungi Kebuh Pohon Pinus

Pohon pinus dan mangrove

Hal yang menarik dan keren lain nya adalah kebun mangrove  dan pohon pinus yang sengaja ditanam oleh beberapa pemerhati lingkungan pajampangan, dengan melihat hal demikian memang menjadi pemandangan yang sangat jarang di temui. 

Cocok sekali untuk pengambilan foto dengan background pohon pinus yang berada di tengah laut/muara. Ini meruapan pengalaman yang sangat berharga bisa melihat keindangan yang memang baru pertama kali berkunjung ke daerah sini. 



Untuk perjalanan dengan santai kalian akan menghabiskan waktu sekitar setengah jam menuju destinasi utama nya. 
Sebuah Trailer Apik :



Trip Ini bareng : 


See You Next Trip Gengs !

2 comments:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search