Sunday, August 18, 2019

Jelajahi Gunung Gedogan - Bukit Terbaik belakang rumah - Sagaranten Sukabumi

Pada 17 Agustus kali ini saya memutuskan untuk mempublish foto kakek saya sedang memegang bendera merah putih di atas bukit belakang rumah, nama bukit nya Gunung Gedogan, dengan view Lautan di Atas awan dan background Gunung Gede Pangrango. dan banyak sekali DM ( Direct Message ) dan komen yang bertanya "Sagaranten nya sebelah mana ?", "Kok ada yang kayak gini di Sagaranten ?" ada donk, ini tempat dulu pas kecil gugurawilan metik cengek ( panen cabe rawit ).


Gunung gedogan adalah salah satu bukit yang ada di Sagaranten Kabupaten Sukabumi, tepatnya di desa mekarsari dengan puncak gunung berupa batuan, dengan pemandangan alam yang luar biasa, bisa terlihat dari sini landscape kecamatan pabuaran dan kalau anda beruntung cuaca sangat - sangat cerah Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak pun akan terlihat sangat jelas.

View Gn Gede Pangrango dari puncak bukit.
Dulunya merupakan lahan garapan warga dengan patok - patok yang digunakan sebagai lahan tanaman palawija, ataupun kebun. Lokasi nya persis nya sendiri berada di atas PLTMH Curug Luhur.

Tampak bangunan proyek PLTMH Curug Luhur dengan memanfaatkan Aliran Air terjun Curug Luhur, yaitu Air Terjun dengan Aliran Sungai Cikaso.
Aliran Air Terjun "Curug Luhur" Cikaso, yang di jadikan sebagai sumber energi PLTMH Curug Luhur.
Teringat dulu ketika kakek dan nenek punya lahan garapan disini, suka ikut kesini dengan jalan yang lumayan menanjak tapi dulu karena banyak lahan garapan sehingga ada jalan yang bisa dilalui oleh manusia biasa :D, tetapi sekarang karena lahan nya sudah lama tidak di jamah, hanya di jamah oleh sekelompok orang pemburu babi hutan, karena alasan warga tidak menanam tanaman lagi karena babi hutan yang banyak sehingga suka merusak. dan aku hanya Lahaola saja biar tidak ketemu sama babi hutan di tengah - tengah perjalanan dengan perjalanan lebih kurang setengah jam dari rumah dengan berjalan kaki.

Panorama dari atas di pagi hari dengan view aliran sungai cikaso dan pepohonan yang rimbun.

Saya mengklaim tempat ini sebagai tempat mendinginkan pikiran terbaik dekat dengan rumah, karena suasana yang berada di puncak juga sangat menakjubkan. 
Tetapi suka kesal juga ada sisa - sisa sampah yang tidak di bawa kembali ketika kesini, mulai dari sampah air mineral hingga makanan ringan yang membuat gedeg juga, nyampah seenak nya saja, Karena lokasi yang lumayan terjal, tidak di sarankan untuk mereka yang tidak berpengalaman apruk - aprukan leuleuweungan atau istilahnya menjelajahi alam liar, karena bisa saja ketemu sama babi hutan atau bintang buas lain, atau terpeleset dll.

Tampak Landscape pemandangan mengarah ke Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi.



Sekali lagi ini bukan tempat wisata yang diimpikan seperti akses jalan yang mudah ataupun tempat dengan fasilitas yang waah, ini adalah alam yang di sajikan oleh Tuhan untuk mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan. 
Ketika kita berada di alam, Tips nya adalah untuk menghargai betapa alam itu sangat bermanfaat untuk kehidupan umat manusia seperti :



TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN 
TIDAK MERUBAH BENTUK 
TIDAK MERUSAK


Saya saat ini sangat bersyukur karena tinggal di Sukabumi dengan potensi alam yang masih sangat terjaga, di kampung saya sendiri hutan - hutan atau bukit - bukit masih sama banyak pepohonan dan lain sebagai nya, walapun perlahan - lahan ada beberapa pabrik yang sudah masuk dan semoga tidak hanya bisa mengeksploitasi saja tapi ada feedback baik kepada alam semesta, karena tau sendiri kan ? ketika alam dilecehkan dia AKAN MARAH dan menghancurkan apapun di sekitar nya. Kita Harus Berpikir sampai ke arah sana.

Sekian, Saya Cinta Kampung Saya, Saya Cinta Alam Semesta.
Desa Mekarsari, Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search