Sunday, June 30, 2019

Telur - Cizzeg - Telur Gulung Khas Masa Kecil - Surade - Jampang Sukabumi ( Penjelasan Lengkap )

Cizzeg adalah produk makanan olahan telur yang di gulung kemudian di berikan rasa - rasa kekinian berupa saus yang sudah di sediakan sesuai selera.

Satu buah porsi CizzEgg dalam sebuah Cup 

Telur : dilansir dari wikipedia secara ilmiah : "Dalam kebanyakan burung dan reptilia, telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Telur-telur reptilia dan burung diselimuti kerak pelindung, yang memiliki pori-pori agar hewan yang belum lahir tersebut dapat bernafas.

Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh. Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Kandungan omega 3 pada telur ayam dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan bersuplemen kaya omega-3 yang peningkatannya dapat mencapai enam hingga sepuluh kali lipat dibanding tanpa suplementasi. Adanya peningkatan komponen lemak yang dalam telur tidak mempengaruhi kualitas telur yang dihasilkan.

Dari penjabaran di atas dapat disimpulkan telur adalah makanan dengan sumber protein dengan kandungan omega-3 yang baik bagi tubuh yang berasal dari hewan. 

Telur Gulung

Telur bisa diolah sedimikian rupa menjadi makanan yang sangat enak, mulai dari dadar gulung, telur mata sapi, rendang telur, bahkan di beberapa restauran Fine Dinning bisa di sajikan secara istimewa, salah satu penglohan nya yaitu dengan di goreng dan di gulung ( Telur Gulung ). Ini mengingatkan kepada Jajajan SD yang dulu sangat saya gemari pada tahun 2003 dengan harga yang murah sekali hanya 200 perak saja. 

Cizzeg

Loh kok dari penjelasan tentang telur - telur gulung kok ke Cizzegg ? Cizzegg apa sih ?. jadi gini ketika menyalurkan hobi yang suka main - main ke daerah selatan dengan membawa tripod kesayangan, mampirlah di sebuah Alfamart untuk membeli minum dan logistik bahan berlibur, tanpa sengaja ketemu tenan aneh kok jualan telur gitu ya ? saya kira menjual telur kiloan atau ahhh ini mah telur yang ada keju - keju nya ( pada awal nya ) karena ada Cizz nya yang sangat identik dengan Cheese, padahal bukan. Ternyata itu adalah tenan penjual telur gulung.

mampir dulu karena sangat tertarik.

Tanpa basa - basi karena ingat kenangan masa kecil yang suka jajan ini sambil belepotan kena saos emang - emang pedagang dulu, akhir nya memutuskan untuk membeli se - cup CizzEgg dengan rasa original. karena lagi - lagi ini bukan pure  model telur gulung belasan tahun lalu, sudah agak modern, dengan kemasan yang enak di bawa - bawa, dan ditambah beberapa saus yang berbeda - beda.


Dan rasa nya memang yang saat ini saya cari dari dulu, Telur nya tebal minyak nya sedikit, dan dengan rasa yang gurih. karena selama ini saya jajan dengan nama yang sama di Sukabumi ( khusus nya kawasan Dago Sukabumi ) tipis banget :( terus minyak nya banyak. 

Selain Rasa, juga kebersihan tempat dan alat dan bahan masakan yang menjadi konsen juga nih, terlihat sebuah penggorengan dengan minyak yang jernih, dengan para pegawai yang unyu - unyu pake kaos pink ( nyentrik ) berlabel cizzegg di dadanya. 

Pencetus Ide 

Perkenalkan, ! orang yang mulai mencetuskan CizzEgg ( Elevator Telur Gulung yang Naik Kelas )

Ternyata kebetulan sekali owner stan ini sedang mengontrol toko nya karenan memang waktu itu akan masuk jam tutup. karena Untuk kalian yang mau mencoba Cizzegg ini buka dari pukul 14.00 - 22.00 setiap hari. yang berlokasi di Alfamart Surade Wetan dan Alfamart pertokoan Cinagen Jambang Kulon. Untuk lokasi nya sendiri kedepannya akan membuat cabang di berbagai tempat, semoga di kota sukabumi bisa secepatnya, biar gak harus ke surade :( .

Seorang anak muda yang merintis karir di bidang pariwisata kalau bahasa kasar nya itu "Guide" lah, mulai merintis salah satu agency wisata @UgTourism kemudian ingin merambah ke dunia kuliner dengan di buka nya Cizzegg ini. dialah bapak @priaramdahani, atau biasanya saya panggil bos uwa. 
Karena kecintaan nya terhadap telur gulung sehingga membuat atau memberikan memori/kenangan kepada penikmatnya.

Inovasi Baru & Harga

Inovasi membawa jajanan streetfood yang terlihat biasa saja menjadi sangat terelevasi dari berbagai macam aspek seperti kemasan yang menarik, keberadaan logo dan branding dari @cizzegg, peran media sosial, mulai dari testimoni jejak pendapat dan promosi.

Harga Sendiri sangat bersahabat sekali untuk jajanan yang enak dan ukuran yang lumayan besar ini, Mulai dari 10 ribu, sampai 20r ribu rupiah untuk mix menu.

Menu Tambahan 


Selain telur gulung original juga beberapa waktu yang lalau diluncurkan menu pelengkap dengan tetap membawa telur sebagai point utama tetapi di mix dengan bakso, sosis dll. 

Bagi kalian yang senang melancong ke daerah selatan sukabumi di kawasan Ujunggenteng, Curug Cikaso, Puncak Heas, Puncak buluh Pantai Minajaya sampai karang bolong, ke dua tenan ( Minimarket Alfamart ) ini terlewati.
1. Minimarket Alfamart Pertokoan Cinagen : Jl. Jampang kulon - surade 
2. Minimarket Alfamart Suraden Wetan : Sebelum masuk Bunderan Surade.

Notes

Cukun impressive dengan ide dan kreatif dengan meng elevasikan sebuah makanan / jajanan / streetfood yang simple menjadi sebuah brand yang memiliki nilai tersendiri.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search