Rabu, 26 Juni 2019

Kopi Taneuh Jampang - "Kacapiring" Ngopi Sendiri dengan Kearifan Lokal ( Robusta Beans ) Surade Sukabumi

Kopi Taneuh Jampang dengan brand Kacapiring adalah produk kopi rumahan yang di cetuskan oleh penggiat pajampangan biasa di panggil kang apoeh ( @lablle_apuh ) dengan tujuan untuk mensosialisasikan kopi dengan tanam sendiri dan olah sendiri.

Biji Kopi yang merah, biji kopi yang siap dipetik untuk di olah

Jampang, Identik dengan kata yang sangat menakutkan, mulai dari terkenal dengan teluh dll nya, padahal untuk sekarang sudah beralih ke hal - hal yang modern loh, mulai dari kaos yang ngetren seperti kaos #TeluhJampang Tempat Ngopi asik kayak @letscofeesurade dan ini salah satunya salah satu penggiat yang sangat peduli dengan kopi, yaitu Kacapiring, ! 

Berlokasi di Jl. Jampangkulon - Surade Desa Citanglar Kecamatan surade, berupa rumah sederhana ternyata merupakan tempat pengolahan kopi sederhana.
Mempunyai kebun kopi sekitar 500m2 di belakang rumah, dengan biji Robusta Asli yang tumbuh secara 3 generasi di daerah pajampangan. 
Jadi asal nya menurut beliau, beliau hanya mengolah kopi ini untuk pribadi, tapi lama kelamaan banyak yang berminat dan di berikan branding dengan nama "Kacapiring", Nama ini di ambil dengan mengambil Kacapi, karena dulu Sukabumi dulu samapi jampanng masuk ke area residen cianjur.

Setelah itu ada ide untuk mensosialisaikan berbagi atau barter benih kopi dengan masyrakat yang bersedia untuk menanam kopi dan mengolah nya. Sangat Briliant ide nya :) 

Kebun 

Kebun yang dimiliki 500m2 di belakang rumah, ditanami kopi dengan mix dengan berbagai pohon lainnya, seperti pohon durian yang baru - baru ini di taman. 

Pengolahan

Pengolahan kopi dengan Full natural sangat sederhana dan menurutku sangat keren dengan kearifan lokal, 

- Pemetikan Kopi 



kopi dipetik dengan cara manual dengan memilih biji yang sudah matang dari kebun, Setelah di petik kemudian kopi akan masuk ke proses selanjutnya.

- Proses Perendaman 

Proses Perendaman Kopi Kacapiring

Proses perendaman di lakukan untuk mensortir kopi yang kurang baik, proses ini dilakukan kurang lebih sampai beberapa hari, 

- Proses Pengeringan 



Setelah itu lanjutkan dengan proses pengeringan dengan cara di jemur di matahari langsung kemudian, selanjutya masuk ke step selanjutnya.

- Pengulitan 



Pengulitan ini bertujuan untuk menghilangkan kulit luar biji kopi dengan dimasukan ke mesin pengulitan dengan cara yang masih sangat manual. kemudian di jemur kembali sampai kering

- Green Beans ( Resting )



Setelah di jemur kopi yang masih dalam bentuk Greenbeans disimpan ( Resting ) sampai beberapa waktu kedepan untuk langsung di proses ke proses selanjutnya.

- Roasting 



Untuk roasting, mesin roasting yang sebenarnya sedang disiapkan untuk bisa menstel kematangan kopi, untuk sekarang ini masih dalam menggunakan proses roasting dengan cara sangrai. Setelah di roasting.



- Packing

Kemudian setelah di roasting langsung disiapkan untuk di packing, bisa langsung dalam berbentuk beans, ataupun dengan cara di giling terlebih dahulu, dan siap untuk di nikmati atau di pasarkan.



Di kebun si akang ini, kalian akan menemukan berbagai macam tanaman selain kopi ataupun buah - buahan, seperti pohon tanaman obat dengan cara barter atau menukar benih kopi dengan hal - hal tersebut, sehingga menjadikan sebuah kebun mandiri.

Kopi kacapiring sendiri masih sangat terbuka bagi kalian yang ingin menanam benih kopi di rumah, pada asalnya disini juga mulai dari beberapa pohon hingga sampai labih dari 100 pohon di tanam disini. Untuk panen nya sendiri di lakukan setiap 2 kali pada saat perpindahan musim dalam setahun, antara bulan 6 atau akhir tahun.

Penasaran kan ? yukk ngopi dikebun nya, dijamin seru loh, sambil ngobrol - ngobrol disini.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search