"Sukabumi In Action" Aksi Bersih Curug Pareang- Membersihkan Kawasan Wisata Curug Pareang Jampang Tengah


Minggu, 31 Maret 2019 
Pagi - pagi di curug pareang yang berlokasi di Desa Sindang Resmi Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi ini ramai sekali, Beberapa perkumpulan peduli pariwisata mulai dai rekan - rekan MTMA Sukabumi, Genpi ( Generasi Pesona Indonesia ) Sukabumi, Serta beberapa Akun media sosial yang konsen di bidang wisata alam, seperti @sukabumiexplore dan @jelajahalamsukabumi.


Beberapa orang berpencar untuk membersihkan sampah yang berada di sekitar kawasan air Terjun.

Aksi ini dilatarbelakangi oleh, kepedulian kita terdhadap tempat wisata khususnya air terjun, kepada mereka yang senang melakukan pembuangan "sampah" atau kotoran semabarangan, dalam pencarian sampah ini kami menemukan berbagai sampai plastik dari makanan hingga sampai "sampah sandang" yang berserakan,




Melakukan pembersihan di sekitar aliran sungai air terjun.

Aksi ini mendapatkan apresiasi dari berbagai instansi terkait di sekitar lokasi, dan peserta pun sangat banyak sekali dari organis pencinta alam sampai para pelajar yang peduli terhadap wisata alam, khususnya di Curug Pareang ini.





Untuk kedepannya, gerakan ini akan menjadi agenda berkelanjutan yang berfokus pada aksi bersih/penanganan sampah di destinasi wisata dengan melibatkan elemen masyarakat di sekitar lokasi dan umum.
Di satu sisi, banyaknya postingan tentang sampah di media sosial tentu menjadi peringatan baik dan "PR" bagi kita semua yang harus segera diselesaikan, tapi di sisi lain ini juga akan menimbulkan efek jelek yang signifikan pada kemajuan tempat wisata di Sukabumi.

Untuk mengimbangi hal tersebut, kami membentuk "Sukabumi in Action" yang tidak hanya mengumbar berita dan gambar tentang banyaknya sampah, tapi lebih menekankan pada aksi nyata yang membuktikan bahwa kita semua peduli dengan isu ini.

Setelah melakukan pembersihan kawasan, juga di selenggarakan uji adernalin dengan menaiki tali untuk memanjat ke atas air terjun.

Akhir kata, dengan adanya gerakan ini kami berharap dapat menumbuhkan kepedulian kita tentang pentingnya kebersihan, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah sehingga mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, khususnya di destinasi wisata.

Dengan lingkungan tempat wisata yang bersih dan terawat, kami juga berharap dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.
Salam, "Sukabumi in Action"



"Sukabumi In Action" Aksi Bersih Curug Pareang- Membersihkan Kawasan Wisata Curug Pareang Jampang Tengah "Sukabumi In Action" Aksi Bersih Curug Pareang- Membersihkan Kawasan Wisata Curug Pareang Jampang Tengah Reviewed by Bubuh Bukhori on April 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Diberdayakan oleh Blogger.