Kamis, 18 April 2019

Menikmati Kesegaran di Curug Larangan - Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark Sukabumi

Curug Larangan, ketika mendengar nama ini yang pasti anda pikirkan adalah daerah terisolir atau daerah yang penuh dengan mistis - mistik ataupun banyak binatang buas sehingga tidak boleh mengakses lokasi tersebut, Mari kita patahkan mitos itu dengan mengganti nya dengan kesegaran tiada tara.

View Curug Larangan, Captured by @b_bubuh


Curug larangan adalah salah satu air terjun dari belasan air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark yang berada di kampung  cisaar desa girimukti kecamatan ciemas kabupaten sukabumi.

Akses Ke curug Larangan 

Rute diambil dari Kota Sukabumi Menuju Curug Larangan
Total perjalanan dari kota sukabumi menuju Cuurg Larangan Lebih Kurang 72,4 KM dengan jalan yang bagus.

Menggunakan Roda 4 :
Untuk pengguna Roda 4, Menggunakan jalur pelabuhanratu dari arah Sukabumi, kemudian masuk arah Bagbagan - Jampang / Loji, dan masuk ke Jalur baru loji/simpenan, dan setelah melewati beberapa KM akan menemukan Jembatan Cisaar, Merupakan jembatan jalan yang paling panjang di jalur Loji, sebelum jembatan parkirkan kendaraan Roda 4 anda di warung/tempat parkir yang sudah tersedia. kemudian menggunakan jasa ojeg masuk ke perkampungan cisaar, setelah itu anda akan masuk ke jalan setapak berjalan sekitar 10 menit untuk sampai ke Curug Larangan.

Menggunakan Roda 2 :
Rute nya hampir sama saja dengan pengguna roda empat, tetapi untuk roda 2 bisa langsung masuk ke perkampung, meskipun jalan nya sendiri masih berupa batu dan ada lumpur nya sedikit, tapi saya masih bisa tes dengan sepeda motor bebek matic dengan aman sentosa sampai di parkiran perkampungan. dan mulai berjalan sekitar 10 menitan untuk sampai di curug larangan.

Jembatan Cisaar, merupakan patokan curug larangan, untuk Roda 4 Bisa memarkirkan kendaran sebelum jembatan sebelah kanan dari arah Loji, dan roda 2 bisa melanjutkan sampai ujung jembatan kemudian ada arah masuk curuh sebelah kanan.

Setelah sampai di curug larangan apa aja yang ada disana ?

Disana kita akan mendapatkan pemandangan yang sejuk berupa air terjun yang sangat jernih dan segar, karena konon merupakan mata air, Nah kembali ke topik di awal kenapa ini disebut larangan, konon akses ke curug ini sangat susah makanya dibilang begitu dan juga Konon katanya pada zaman dahulu setiap orang yang mengunjungi curug ini pasti dia tidak akan pernah kembali lagi alias hilang.  ( Mohon di koreksi ya ) dan setelah dibuka untuk umum akses nya sangat nyaman sekali, hanya menelusuri sungai sampai di air terjun.
Jangan takut tersesat karena jalan nya sangat jelas sekali. 

Kedalaman dari air terjun ini tidak terlalu dalam, TETAPI di sarankan untuk tidak terlalu tengah ketika air sedang besar karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan, ( Keep Safety ).


Kesegaran air dari Curug Larangan, Ini pose nya agak sedikit jongkok, karena airnya hanya selutut pada saat itu.
Tunggu apalagi ? yang penasaran dengan kesegaran ini kuy kesini,
Tetap berhati - hati di jalan, tetap menjaga kebersihan.


2 komentar:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search