Monday, October 22, 2018

Pasar Cikundul Sukabumi - Pusat jajanan jadul dengan konsep kekinian di pinggir kota sukabumi - Destinasi Digital Genpi

Pasar Cikundul #
Sebelumnya sudah di ulas tentang wisata yang berada di kawasan cikundul kota sukabumi ( Baca : Beberapa Hal yang ada di Taman Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi - Penasaran ? ) Beberapa minggu yang lalau genpi ( generasi pesona indonesia ) yang diinisasi oleh kementrian pariwisata republik Indonesia, membuat salah satu destinasi digital, dalam artian segala publikasi dan promosi lokasi melalui media sosial dengan melibatkan para admin media sosial lokal, blogger, vlogger, fotografer, dan videografer yang tergabung dalam GenPI ( Generasi Pesona Indonesia ) Sukabumi. 

Suasana pasar cikundul Sukabumi, dengan tempat yang adem karena banyak pepohonan disekitar dan suara alami sungai cimandiri yang membuat kita betah berlama - lama.
Mereka menginisiasi Pasar Cikundul, Yaitu pasar dengan konsep Jadul tapi di kemas dengan era digital milenials, seperti dibuatkan spot selfie yang banyak, tempat - tempat yang instagramable, jajanan - jajanan yang unik, Seperti Gongsir ( Jagong Gula Pasir ) yang sudah sangat jarang ditemui di tempat - tempat jajanan modern, atau masih ingat jajanan masa kecil seperti Rambut Nenek, yang terbuat dari kembang kula yang di bentuk seperti rambut nenek. sampai penganan ringan seperti combro, kue APE, Lotek dan Karedok, bakso, rujak dan minuman khas sukabumi Es Pala, yang segar kalau di nikmari siang hari saat lagi panas - panas nya.

Karedok, makana tradisional sunda yang terbuat dari aneka sayuran mentah di campur dengan bumbu kacang dan cabe sedikit kencur , disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk
Rujak, Merupakan campuran buah - buahan segar/ranum yang dicampur dengan gula aren dan sambal yang pedas, biasanya di makan di cuaca yang sedang panas - panasnya, karena rasa segar dari buah yang asam dan pedasnya sambal.
Selain berbagai jenis makanan, disana dijual pula beberapa aneka kerjainan tangan 
Salah satu jajanan yang banyak dicari dan di gemari adalah rambut nenek, ( proses pembuatan rambut nenek )

Stand Nasi Liwet, dengan aneka ikan dan lalapan serta sambal khas sunda, seperti sambal terasi, lauk nya berupa ikan asin dll.

Lokasi dari pasar cikundul ini kalian tinggal masuk ke lokasi Wisata Pemandian Air Panas Cikundul Kota SUkabumi tepatnya di Jalan Proklamasi Kota Sukabumi. Pasar Cikundul Sendiri buka setiap minggu mulai pukul 08.00 - 13.00 Wib, ketika berkunjung jangan lupa membawa baju ganti ya, karena dengan tiket Rp. 8000,- bisa masuk ke wisata pemandian dan sekalian bisa jajan dan eksis di pasar kekinian, pasar cikundul.

Tempat penukaran koin untuk transaksi di pasar cikundul
Metode pembayaran di pasar cikundul, terbilang cukup unik, bukan berarti uang nya di ganti pake daun, tapi pake Koin Kayu yang di cetak, jadi kalau mau makan - makan atau jajan di pasar cikundul, kita bisa menukarkan terlebih dahulu uang cash kita ke pecahan yang bermacam - macam mulai 1rb, 2,5rb, 5rb dan 10rb dan kalau jajanan di dalam habis terus koin nya tidak terpakai, bisa untuk merchandise atau kalau gak punya uang parkir atau ongkos bisa ditukar kembali :) .

Dalam setiap minggu nya di pasar cikundul selalu menawarkan acara selain menjajakan makanan dan minuman juga selalu ada saja acara pemanis, seperti pementasan musik keroncong, musik klasik (Violin), Lomba - lomba, seperti lomba Fotografi Ponsel yang bekerja sama dengan Komunitas Fotografi Ponsel Sukabumi  , lomba mewaranai anak - anak PAUD, sampai lomba melukis tong sampah.

Panggung Pertunjukan pasar cikundul
Yuk Selalu kepoin IG nya @pasarcikundul untuk mengetahui jadwal dan apa saja yang akan ada di pasarcikundul setiap minggu nya, pokok nya selalu unik dan menarik untuk di kunjungi. 

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search