Selasa, 25 September 2018

Geyser Cisolok - Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark - Pemandian Air Panas


Geyser Cisolok, Ciletuh Palabuhanratu Uneso Global Geopark, Sebuha pemandian air panas yang berada di kawasan CPUGG, Kecamatan Cisolok Kabupaten sukabumi, merupakah salah satu dari beberapa kawasan geopark yang menyebar. 

Memulai perjalanan dari arah kota palabuhanratu menuju cisolok yang berjarak sekitar 12 KM dalam waktu tempuh lebih kurang setengah jam, kalian tidak akan tersesat karena papan petunjuk sepanjang perjalanan menuju pemandian air panas ini tersebar sepanjang perjalanan.

Untuk masuk ke kawasan ini, kalian bisa menggunakan berbagai macam kendaraan ataupun jalan kaki :D.. untuk karcis sendiri apabila dengan sepeda motor akan di tarif retribusi Rp. 8.000,-.
Setelah masuk, nanti motor akan di parkir di kawasan parkir kendaraan dengan tarif Rp. 5.000,-


Taman geyser cisolok CPUGG, nampak sebuah cottage papan informasi dan beberapa pedagang 
Setelah masuk kedalam, akan banyak sekali pedagang yang berjajar berjualan, mulai dari berdagang makanan dengan berbagai jenis, dan yang unik adalah pedagang yang katanya "obat", yatitu obat penyakit. prediksi saya ini adalah belerang ataupun sari - sari belerang yang diambil dari kawasan ini, karena di lokasi ini kadar belerang nya sangat tinggi, dan banyak air panas yang menyembur di sekitar sungai, maka disarankan untuk berhati - hati.

Semburan air panas di sungai, 
 selain masuk ke kawasan kolam renang air panas, kalian juga bisa merasakan cipratan/semburan air panas yang menyembur, tetapi harus berhati - hati karena sangat panas, sungai ini menjadi opsi cara menikmati di Geyser Cisolok ini.


Kolam Air Panas Geyser Cisolok
Walaupun di pinggir kolam tertulis perbedaan suhu pada masing - masing bagian, akan tetapi pas turun semua suhu sepertinya sama , karena kita ketahui suhu dalam air itu sama 👀 . jadi mau di bagian manapun akan sama panas nya.

Satu hal yang perlu dicatat di geyser cisolok ini, air kolam tidak berbau, karena ada sistem penyaringan nya, jadi yang akan kita rasakan adalah suhu air kolam nya saja, tetapi tidak menutup kemungkinan masih terdapat kandungan belerang di dalamnya.
Belerang sendiri merupakan zat yang ada di alam yang banyak manfaatnya untuk tubuh manusia, https://www.alodokter.com/jangan-tertipu-oleh-baunya-manfaat-belerang-ada-banyak.

suasana kolam pemandian air panas geyser cisolok, Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark
Sebenarnya selain kolam yang dipake bersama - sama, ada juga kamar - kamar yang disediakan khusus untuk pribadi, namun kemarin saya memilih kolam berenang terbuka yang sistem nya sharing jadi memungkinkan yang lain berendam bersama. untuk tiket masuk ke kolam ini perorang hanya dikenakan tarif Rp.2.500, / Orang, apabila ingin menggunakan kamar - kamar untuk terapi ada biaya tambahan lagi.

jangan lupa jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, dan ikuti aturan wisata setempat ya :)
See you in next trip...


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search