Sunday, May 6, 2018

Relawan TIK Sukabumi - Pemanfaatan Website E-Commerce & Media Sosial

Hari sabtu itu adalah weekend, seyogyanya kita bersantai menikmati waktu libur bekerja, etapi dua minggu belakangan ini hari sabtu itu tidak sesantai itu, mulai menyiapkan persiapan untuk pernikahan teman - teman kami, kebetulan kebgian tugas fotografi dan cakah - cikih kesana kemari, ok skip, jadi curhat !!! 
Nah setelah melaksanakan tugas fotografi di pernikahan tersebut, langsung di lanjut mengikuti kegiatan Bersama Relawan TIK Sukabumi, yang pada kali ini bekerjasama dengan STIE PGRI Kota Sukabumi dalam rangka Pelatihan Kewirausahaan pembuatan website e-commerce dengan peserta mahasiswa tingkat akhir.



Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk ilmu pengetahuan mengenai promosi atau berjualan di dunia maya, mulai dari pendampingan tahap pembuatan website sampai ke promosi di media sosial.
Peserta dibagi - bagi kedalam beberapa kelompok, saya kira hanya beberapa orang saja, dan ternyata pesertanya sampai 300 orang, dan di bagi setiap kelompok 5 - 6 oran, dan terbentuklah 26 kelompok yang dibagi kedalam 5 Fasilitator dan di daftarkan domain masing - masing kelompok yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan PT Qwords International dalam urusan layanan hosting & domain.

Relawan TIK sukabumi selaku fasilitator kegiatan ini berkomitmen agara setiap kelompok peserta workshop ini bisa mengaplikasikan dan mengerti tentang perkembangan promosi melalui website dan media sosial di zaman milenial ini.


Karena kita harus berfikir secara realita, bahwa pada zaman sekarang realitanya, penggunaan media cetak lebih sedikit daripada pengguna media sosial yang tiap hari pasti ada saja pengguna barunya, maka dari itu memanfaatkan media sosial sebagai media promo dan website adalah pilihan yang dinilai tepat. Karena kita tidak harus di repotkan dengan beberapa promo cetak yang harganya lumayan mencubit kantong, hanya melakukan posting, menggunakan hashtag yang terkait dan membagikan link postingan kita, menjadi sebuah alternatif dalam mengembangkan minat, produk atau jasa yang kita miliki.

menyinggung fungsi dari sebuah website, pada dasarnya dalam rangka media promo dibagi kedalam beberapa kelompok fungsi, 

Sebagai Portfolio 

masing ingat dengan kita harus membawa Flahsdrive atau lembaran kertas cetak portfolio kita, masih ingat bagaimana kalau seandainya hilang rusak dan lain sebagainya ?. Fungsi website sebagai portfolio adalah sebagai gerai atau showcase apa saja yang sudah kita lakukan dalam pekerjaan yang kita tekuni, contoh nya, anda adalah seorang Fotografer, pastinya akan menampilkan beberapa hasil karya anda untuk menarik calon pelanggan yang akan merekrut anda.

Sebagai Sarana Berjualan

Selain sebagai portfolio, website juga bisa digunakan sarana berjualan, naah ini yang kemarin di sosialisasikan kepada rekan - rekan peserta workshop di STIE PGRI, penggunaan website untuk sarana berjualan, kita bisa mencantumkan item - item produk yang ada, memberikan cara pembayaran , memberikan informasi mengenai info - info produk dll,

Sebagai Profil Bisnis

Profil bisnis adalah hal utama bagi perusahaan, karena klien akan menerima atau menolak penawaran tersebut selain dengan melihat portofolio yang sudah dikerjakan, juga dengan melihat profil perusahaan. Menjadi penting mengingat pengguna internet di indonesia makin meningkat, sehingga kita wajib memposting atau menaikan info bisnis perusahaan disebuah website.

Kedepannya pengaplikasian website ini bisa terus berlanjut dan bisa di manfaatkan sebaik - baik nya oleh rekan - rekan peserta workshop, ataupun bagi kalian yang baru baca tulisan ini semoga bisa mempelajari :) 

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search