cara membuat E-BOOK JAR

Cara Buat Ebook untuk Ponsel Java (.jar)

ACER02 copy Bicara soal Handphone alias hp merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap insan manusia terlebih di zaman yang dipenuhi dengan tekhnologi seperti sekarang ini. Mereka selalu membawa handphone mereka kemana kemari, kesana kesini bak pacar yang tak bisa lepas dari hati (loh, kog malah berpuisi :D). Langsung saja ke pokok permasalahan, bagi anda yang suka membaca, khususnya bacaan-bacaan yang tergolong long text, semisal novel atau cerita yang panjang2 lainnya dan malaz untuk membawa buku yang super tebal maka sangat tepat dan pas anda membaca tutorial di bawah ini. Berikut adalah cara membuat EBook (electronic book) yang bisa dibaca langsung lewat hp anda dengan aplikasi Ebook buatan sendiri. (check this out!!)

Bahan yang diperlukan:

  1. 1. mjBookMaker ver.4.7.0.258 (download di sini)

2. Siapkan artikel anda dengan format (.txt)

3. Kreatifitas (optional) hahaha

Langkah Membuat:

1. Ektrack dulu file (mjBookMaker.zip) menjadi BookMaker.exe

new-1 copy

2. Jalankan Aplikasi $mjBookMaker.exe dengan mengklik 2x

new-3 copy

3. Masukkan Judul ebook yang akan anda buat pada form: “book name (midlet name)” misalnya mohanlink ebook

new-5 copy

4. Pilih Tab “Text Book

5. Masukkan file (.txt) di kotak “source file

new-7 copy

6. Contreng “Format File for displaying” dan “Analyze Tags in plain text

new-8 copy

7. Ganti form “Use MS Windows and phone fonts (large midlets without limitations)” menjadi “Use phone fonts only (small midlet with some display limitations)”

new-11 copy

8. Klik kotak “font color” untuk menentukan warna font dan klik “back color” untuk menentukan warna latar belakang teks.

new-13 copy

9. Anda dapat memberi password pada ebook anda dengan cara ganti form “no password” menjadi “ask password” lalu ganti default password “1234” dengan password yang anda inginkan.

new-14 copy

10. Anda dapat memberikan “splash screen” (spash screen adalah suatu gambar pembuka ketika midlet pertama kali di buka) dengan cara contreng “add image (PNG file only) for splash screen” lalu masukkan gambar splash sesuai layar hp anda.

new-15 copy

11. Anda juga dapat memberikan “Icon Midlet” (tidak usah saya jelaskan pasti anda akan tahu sendiri, wkwkwka :p) dengan cara contreng “add image (PNG file only) as an icon for midlets” lalu masukkan gambar icon dengan ukuran kecil (biasanya berukuran 29x29 pixel).

new-142 copy

12. eit, jangan lupa tentukan ukuran resolusi midlet sesuai dengan hp yang akan anda gunakan dengan cara mengisi form “Preview for phone screen” misalkan “176*220”

new-17 copy

13. langkah terakhir klik tombol “START” yang terletak di pojok kiri bawah, tunggu sampai muncul tulisan “Process successfully ended at……….”

new-10 copy

14. klik tombol “Show Midlets” yang terletak di pojok kiri bawah, maka akan keluar jendela baru yang berisi file (.jar) yang anda buat tadi.

new-19 copy

new-20 copy

15. Finally, Kirim file .jar tersebut ke hp anda via bluetooth atau kabel data, lalu jalankan, semoga berhasil terima kasih. ^_^.

No comments

Powered by Blogger.