Ngapain aja kemarin ke Bali di musim PPKM ini ? - Ada FESTIK 2021, RURAL ICT CAMP bareng Rempug Nusa KPCPEN dan acara SEAIGF ( Southeast Asia Internet Governance Forum )

Melakukan kegiatan di era pandemi ini memang sangat terbatas sekali, banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan melakukan perjalanan jauh ke luar kota, tanpa terkecuali pesawat. Apa aja sih yang di persiapkan ketika kita akan melakukan dengan pesawat ?  

- Penumpang Wajib Vaksin 
- Vaksin 1 harus wajib test PCR SWAB dengan hasil negatif yang berlaku 2x24 jam
- Vaksin sudah 2 kali harus wajib antigen dengan hasil negatif berlaku 1x24 jam, kedua hasil test tersebut harus masuk kedalam aplikasi PeduliLindungi
- Wajib menginstall Aplikasi PeduliLindungi dan mendaftar di pasporsehat.com, menjadi salah satu persyaratan untuk bisa masuk ke bandara.
- Setelah mendarat wajib isi Form E-Hac yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

Semua syarat diatas sudah terpenuhi lanjut lagi ke acara yang keren - keren ini, 


1. Rural ICT Camp #RembugNusa #LawanCovid19 


pada kali ini rural ict camp yang di inisiasi oleh commonroom dikolaborasikan dengan Rembug Nusa, dan KPCPEN ( LawanCovid19 ), & ICT Watch mengadakan talkshow atau dialog interaktif secara hybrid, online dan offline ( dengan prokes yang ketat dan peserta wajib memiliki hasil test antigen negatif ), membahas berbagai macam topik yang seru untuk diikuti, seperti penggunaan teknologi IT pada pertanian terpadu (IoT for smart farming) dengan mendatangkan pembicara khusus dari Petani Muda Keren,  dan teman - teman ICT Watch yang sangat menginspirasi, ada juga bagaimana cara penanganan covid 19 dan menangkal segala macam informasi - informasi yang menyesatkan di masayarakat mengenai pentingnya vaksinasi dan informasi seputar covid-19 ( DigitalLife during pandemic ) dan diakhiri dengan diskusi asik dari Commonroom seputar IT Talks dengan mendatangkan Mantan Menkominfo Bapak Rudiantara atau Chief RA dan kang Onno W Purbo, membahas jaringan di peloksok dan internet berbasis komunitas.

2. Festik 2021


Festik adalah sebuah festival TIK ( Teknologi Informasi Komunikasi ) salah satu komunitas TIK Terbesar di Indonesia, yaitu Relawan TIK yang anggotanya sendiri tersebar dari sabang - merauke. Festik ini biasanya diselenggarakan setahun sekali, untuk tahun ini diselenggarakan di Bali dengan tema #BaliBangkit. diadakan secara Hybrid pada saat pembukaan dengan wajib menyertakan informasi hasil test PCR/Antigen Negatif dan sangat terbatas serta peserta lain mengisi sebagai narasumber atau pun Literasi digital kepada puluhan sekolah yang tersebar se provinsi bali secara daring.

Rangkaian festik diakhiri dengan penutupan deklarasi bedugul dan penganugrahan kepada beberapa anggota yang terus konsisten meningkatkan dan berperan aktif dimasyarakat.

3. SEAIGF ( Southeast Asia Internet Governance Forum )


Kegiatan ketiga ini adalah yang pertama kali dilaksanan di asia tenggara oleh kemkominfo, ictwatch, commonroom dan RTIK, yang mengambil acara di Bali International Convention Center, Nusa Dua, yang digelar dari tanggal 1-2 September 2021.

Acara ini digelar secara hybrid online dan offline ( dengan prokes yang ketat dan wajib terlebih dahulu di test Antigen dengan hasil negatif & menunjukan hasil vaksin terlebih dahulu ), dengan berbagai macam narasumber se asia tenggara membahas tentang teknologi internet masa kini dan pandemic covid-19 yang terjadi saat ini, dihadiri oleh ratusan peserta dari asia tenggara dan anggota RTIK Indonesia.

Jadi itu saja yang dilakukan selama kemarin di Bali, inginnya bermain ketempat - tempat biasa, akhirnya hanya selewat dan menikmati fasilitas hotel saja yang tersedia, semoga pandemi ini seggera berakhir dan semuanya akan seperti semula, tetap jaga kesehatan tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada.

6 comments:

Powered by Blogger.