Jumat, 12 Juli 2019

Curug Awang - Pesona Air Terjun dengan lebar terpanjang di kawasan Ciletuh Geopark Sukabumi

Curug Awang ya ? Ketika kalian bermain ke daerah Ciletuh palabuhanratu Unesco Global Geopark, Salah satu dari sekian keunikan geopark ini adalah dengan munculnya berbagai air terjun. Air terjun sendiri adalah berupa aliran air baik sungai mau pun selokan yang terjun dari ketinggian sehingga memunculkan sebuah aliran sungai yang deras dan memunculkan cipratan air ke sekitar ujung air terjun.

Dibelakang Terlihat Curug Awang dengan aliran yang kecil, masuk ke musim kemarau, tapi asli chill banget lokasi nya !

Curug Awang adalah curug / air terjun yang berada di kawasan Cibenda, Kecamatan Ciemas Kabupaten sukabumi. Kondisi Air terjun ini berupa patahan sungai yang membentuk air terjun dengan selebar sungai yang mengalir, sehingga mengasilkan pemandangan yang menakjubkan dan luar biasa, Ketinggian dari curug ini kira - kira sekitar 40m dan lebar 60m, menjadikan sungai terlebar di kawasan CPUGG. 

Akses Jalan

Untuk akses jalan, teman - teman tinggal search saja curug awang di Peta Digital, nanti akan ketemu dan bisa langsung menggunakan fitur petunjuk arah.
Atau lebih tepatnya kalau kalian menggunakan jalan dari arah loji - palangpang, nanti di lanjutkan ke arah panenjoan, sebelum ke panenjoan sebelah kanan akan ada berupa papan nama untuk masuk ke kawasan ini. Kontur jalan ke Curug awang ini berupa batuan halus dan agak sedikit berdebu sehingga menyenangkan untuk menikmati perjalanan yang seru.

Untuk menuju ke Curug / Air Terjun nya, Setelah memarkirkan kendaraan, kalian akan di arahkan untuk tracking ke bawah air terjun dengan menuruni pematang sawah.
Tapi kalau kalian ingin melihat pemandangan curug dari atas bisa juga tidak turun kebawah , langsung ke atas curugnya, tapi harus tetap berhati - hati, tetapi saya agak ngeri karen fobia dengan ketinggian :( . 

Musim Hujan

Penampakan curug awang di musim hujan .. 

Pada saat Musim Hujan, di Indonesia mulai dari bulan Pertengahan September sampai - akhir maret, curug/air terjun ini akan terpenuhi oleh air seluruhnya, dengan keunikan warna cokelat yang menawan, sehingga terlihat seperti lautan cokelat yang terjun, atau niagara versi cokelat, tapi ketika air sedang jernih, maka akan terlihat seperti tirai air yang menakjubkan. Dengan landasan batuan yang sangat banyak menghasilkan pemandangan yang indah.

Sekeliling sebelum masuk ke curuh nya, di kelilingi pemandangan sawah yang indah, kalau sedang hijau akan sangat terlihat menarik.

Musim Kemarau

View Curug Awang Ketika masuk ke musim kemarau .. 

Ketika menghadapi musim kemarau keindahan tidak akan hilang dari curug ini, masih bisa di nikmati walaupun air terjun nya hanya terjun dari sebelah kanan, nah menurut informasi pemilik lahan, biasanya pada saat musim kemarau ini, sawah yang asalnya ditanami padi akan di tanami tanaman cabe rawit. Jadi pasti indah juga kalau sudah di tumbuhi tanaman.
Pada saat saya kesini, sebagian sawah belum di panen masih hijau dan menunggu bebera minggu lagi untuk di panen, sehingga masih bisa dapat pemandangan keren antara air terjun ( setengah Kering ), sawah yang sudah tandus, dan sawah yang masih hijau.

Trip Advisor baru - baru ini mendaftarkan Curug Awang Sebagai destinasi top sukabumi pada saat libur lebaran, saya setuju, karena memang sangat adem sekali disni. 
Di tempat ini kalian juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda sambil menenangkan diri di antara pesawahan dan air terjun yang indah.

View curug awang dari bawah dengan beberapa batuan yang keren, sehingga menjadikan sebagai salah satu air terjun yang banyak batunya ini.
Pada saat ini, kawasan di kelola oleh pemilik lahan dengan beberapa pembagian kepada pihak terkait, Untuk Kendaraan Roda 2, dikenakan Biaya Parkir Rp. 5000,-, untuk kendaraan roda empat Rp. 10.000,-  perkendaraan.
seru kan ya ? 
menikmati suasana yang sebelum nya tidak ada. untuk sanitasi Toilet dan tempat peristirahatan sudah tersedia serta kalau ingin jajan bisa membeli makanan di warung yang dekat dengan tempat peristirahatan.

Kalau lagi libur bisa untuk menyempatkan diri datang ketempat ini sambil menjelajahi indahnya Sukabumi Selatan khususnya kawasan Ciletuh Palabuhanratu Global Geopark.

#ciletuhgeopark #sukabumi #jelajahalamsukabumi

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search